Sukses

Enam Pasien COVID-19 di Banyuwangi Sembuh, Total Jadi 50 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengumumkan enam orang pasien positif terinfeksi virus corona dinyatakan sembuh sehingga pasien sembuh hingga hari ini tercatat 50 orang dari jumlah keseluruhan 70 kasus.

"Kami bersyukur setelah menjalani protokol perawatan dan penanganan COVID-19, kini bertambah lagi enam pasien yang dinyatakan sembuh. Keenam pasien sembuh itu adalah pasien nomor 50, 51,52, 53, 54 dan pasien 55," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono di Banyuwangi, Senin, 3 Agustus 2020.

Menurut ia, jika dihitung angka kesembuhan pasien COVID-19 di Banyuwangi mencapai 71 persen atau lebih tinggi dari rata-rata provinsi dan nasional, dilansir dari Antara.

Rio (sapaan akrabnya), berharap kesembuhan pasien COVID-19 di Banyuwangi akan terus meningkat dan penambahan kasus baru bisa ditekan.

Ia menuturkan, sebanyak tiga orang pasien sembuh di Banyuwangi itu yakni nomor 50, 51 dan pasien 52 itu sebelumnya merupakan hasil pelacakan kontak erat dari pasien 45 yang merupakan klaster sopir logistik dan mengikuti kegiatan tes cepat (rapid test) gratis pemerintah daerah.

 

2 dari 3 halaman

17 Pasien COVID-19 Masih Dirawat

Dr. Widji Lestariono melanjutkan, ketiganya memang tinggal serumah dengan pasien nomor 45, alhamdulillah semua sekarang sudah sembuh. Begitu juga dengan pasien sembuh nomor 53, sebelumnya merupakan hasil pelacakan kontak erat pasien positif.

Sedangkan untuk pasien sembuh nomor 54 (seorang tenaga kesehatan) dan 55, lanjut dia, keduanya merupakan pasien positif yang pernah melakukan perjalanan ke luar kota.

"Kepada semua pasien sembuh mereka kami minta untuk tetap menjalankan aturan protokol COVID-19. Sudah pernah terinfeksi bukan berarti dia kebal. Harus tetap jaga jarak, pakai masker dan menjaga daya tahan tubuh," ucapnya.

Data sebaran COVID-19 Banyuwangi, hingga hari ini, Senin (3/8) jumlah pasien corona tercatat sebanyak 70 orang, 17 pasien dalam perawatan, tiga pasien meninggal dan 50 orang pasien telah dinyatakan sembuh.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini