Sukses

VIDEO: Cara Siswa SD dan SMP untuk Belajar Daring saat Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menghemat paket data, siswa SD dan SMP di Sampang, Madura, Jawa Timur patungan untuk menyewa jaringan internet nirkabel atau Wifi. Siswa yang tidak memiliki handphone terpaksa pinjam ke temannya yang juga ikut belajar berkelompok.

Belajar dengan sistem daring, selama masa pandemi COVID-19, mengharuskan siswa untuk menggunakan telepon pintar dan jaringan internet yang stabil untuk belajar. Jika menggunakan paket data, selain mahal juga terkadang sinyalnya tidak stabil.

Oleh karena itu itu, para pelajar di Sampang, Madura, Jawa Timur mulai berpikir keras, bagaimana bisa menghemat paket data internet agar tidak cepat habis. Pelajar SMP dan SD tersebut berinisiatif memanfaatkan persewaan jaringan internet nirkabel atau Wifi. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 22 Juli 2020.

Untuk menghemat biaya sewa Wifi, dilakukan secara gotong-royong antar kelompok belajar, saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dengan menyewa Wifi, selain biayanya lebih murah, sinyal juga lebih stabil. Untuk biaya persewaan Wifi selama 6 jam, hanya Rp 2.000.

"Di sini saya menyewa Wifi Rp 2.000 per 6 jam, setiap hari saya di sini mengerjakan tugas bersama teman-teman,” ungkap Ali Wardani, Siswa SMP.

Sementara itu, Raihan, Siswa SD juga menuturkan, bersama teman-teman menye sewa Wifi dan pinjam hp-nya ke teman-teman. "Saya mengerjakan tiap hari di sini," tutur dia.

Sistem belajar daring bagi siswa, tidak hanya terkendala jaringan internet. Siswa yang tidak mempunyai telepon pintar, juga terpaksa harus meminjam ke teman atau saudara agar tetap bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah selama masa pandemi COVID-19.