Sukses

Nama Bonek Persebaya Ikut Dalam Perjalanan NASA ke Mars

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu suporter Persebaya Surabaya Yudhiakto Pramudya mendaftarkan nama Bonek Persebaya dalam program NASA yang menjelajah dan mengeksplorasi Mars.

Nama Bonek Persebaya itu "dititipkan” melalui robot Perseverance yang dibawa roket Atlas V. Robot penjelajah yang berbentuk mobil tersebut sudah diberangkatkan pada Kamis, 30 Juli 2020 dan diperkirakan tiba di Mars pada Februari 2021.

Nama Bonek Persebaya itu didaftarkan dalam program  National Aeronautics and Space Administration (NASA), Badan Antariksa Amerika Serikat melalui send your name to Mars dengan mengunjungi situs mars.nasa.gov.

Mengutip laman nasa.gov,  program send your name to Mars mengundang orang-orang di seluruh dunia untuk menyerahkan nama mereka untuk di bawa robot rover berikutnya ke Mars.

Sekitar 10,9 juta orang sudah melakukan hal itu. Nama-nama itu dicap oleh electron ke tiga chip silicon berukuran sangat kecil bersama dengan esai dari 155 finalis dalam kontes “Name the Rover”. Kemudian lempengan berisi nama itu dilekatkan pada badan robot Perserverance.

Yudhiakto mengatakan, setiap misi ke luar angkasa akan menjadi perhatian publik. NASA dalam hal ini sebagai Badan Antariksa Amerika Serikat, menurut Yudhiakto terbuka kepada publik dengan misi mengenalkan astronomi kepada masyarakat. Salah satunya lewat program send your name to Mars tersebut.

"NASA buka kesempatan untuk mendaftarkan nama. Iseng daftarkan nama komunitas Bonek Persebaya, tidak ada tujuannya. Tidak salah ikut bagian dari sejarah," ujar Yudhiakto yang juga Kepala Studi Astronomi Universitas Achmad Dahlan saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Selasa (4/8/2020).

"Tidak selalu misi ke Mars. Beberapa misi memungkinkan menitipkan nama di badan bagian robot atau benda. Berupa chip, nama itu di lempengan yang diukir sangat kecil dengan memakai laser," ia menambahkan.

Saat ditanya kapan mendaftar nama Bonek Persebaya tersebut, Yudhiakto belum dapat menjelaskan detil.  "Saya lupa tahun daftarnya, akan tetapi ada deadline masukkan nama, dan saya tidak mengeluarkan uang,” tutur dosen fisika di Universitas Achmad Dahlan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Daftarkan Nama

Pria yang menghabiskan masa sekolah di Surabaya, Jawa Timur ini menuturkan, dengan mendaftarkan nama Bonek Persebaya tersebut diharapkan menimbulkan keingintahuan suporter lainnya mengenai misi luar angkasa, astronomi dan lainnya.

Dengan demikian kepedulian supporter terhadap ilmu pengetahuan akan meningkat. Hal ini juga sebagai dukungan kepada ilmu pengetahuan. Yudhiakto menilai, saat ini kepedulian terhadap ilmu pengetahuan masih kurang.

"Olahraga dan science bisa disatukan di langit yang sama. Sehingga supporter lebih peduli ke sains. Ibarat kita menitip barang ke teman kita ingin tahu apa sudah atau belum? Selamat atau tidak?. Titipkan nama itu jadi orang ingin tahu, sudah sampai mana perjalanannya,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini