VIDEO: Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 Capai 68 Persen di Jatim

VIDEO: Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 Capai 68 Persen di Jatim

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat melakukan video conference dengan warga Gunung Anyar, Surabaya, pada Sabtu pagi lalu. Pernyataan Risma itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan, yang menyatakan tingkat penularan Covid-19 di Surabaya sudah rendah.

Dengan pertimbangan, jumlah kesembuhan lebih banyak, dari jumlah orang yang sakit. Berikut dilansir pada Liputan6, 5 Agustus 2020.

Hal ini kembali ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan yang juga menyatakan penularan COVID-19 di Surabaya sudah terkendali. Dinas Kesehatan menegaskan, Kota Surabaya berada di rate of transmission (Rt) kurang dari 1, selama 2 minggu terakhir. Rt ini merupakan tingkat penularan COVID-19 di suatu wilayah setelah dilakukan intervensi.

Hal serupa dilontarkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Meski tidak secara jelas menyebut tentang zona hijau. Khofifah mengamini, angka pasien sembuh Covid-19 di Jawa Timur, merupakan angka tertinggi di Indonesia.

Hingga Selasa siang, Pemprov Jawa Timur mengklaim, angka pasien sembuh hampir mencapai 68 persen, atau telah melampaui angka kesembuhan Covid-19 secara nasional.

"Tenaga kesehatan, rumah sakit, relawan, pemerintah kabupaten kota, Pemprov seluruh Gugus Tugas sinergitas yang luar biasa, bahkan hampir 68 persen yang sembuh. Dan kita akan terus berusaha, menurunkan angka yang terkonfirmasi positif dan menurunkan angka kematian," terang Khofifah, Gubernur Jawa Timur.

Khofifah juga menyebut, capaian ini berkat semakin padunya koordinasi di antara kepala daerah dan gugus tugas, di Jawa Timur. Suatu capaian positif, yang hendaknya bisa menjadi momentum bagi para pengambil kebijakan untuk kembali bersinergi, dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Update:

Bila melihat data di instagram @jatimpemprov, persentase kondisi pasien positif sembuh di Jawa Timur mencapai 68,27 persen. Dirawat sebanyak 24,18 persen dan meninggal 7,55 persen.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 06 August 2020, 12:16 WIB

Video Terkait

Spotlights