Sukses

Humor Khofifah ala Madura, Anjuran Jaga Kesehatan di Tengah Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Mens sana in corpore sano, sebuah slogan berbahasa Yunani yang artinya "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”  kini menjadi sangat relevan. Menjaga kesehatan tubuh dalam kondisi pandemi COVID-19 merupakan hal yang wajib dikerjakan.

Oleh karena itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sosialisasi agar warganya terus menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Khofifah memilih cara yang unik, lucu, dan menyenangkan untuk disimak.

Dalam unggahan Instagram resmi miliknya, @khofifah.ip, gubernur perempuan pertama di Jatim itu sering membagi hal-hal unik yang berujung pada anjuran untuk terus menjaga kesehatan tubuh melalui beragam cara.

Pada Kamis, 6 Agustus 2020, Khofifah mengunggah video berisi empat anak kecil yang sedang bersiap untuk berlari cepat. Kemungkinan usia anak-anak itu masih di bawah sepuluh tahun.

Masing-masing anak itu mengenakan nomor urut yang dikalungkan di leher. Nomor urut satu merupakan anak laki-laki, nomor punggung dua dan tiga berkelamin perempuan, dan nomor urut empat adalah laki-laki.

Ketika empat anak itu siap untuk berlari, pelatih tersebut mengeluarkan aba-aba, "Satu, dua, tiga, lari!"

Anak dengan nomor urut satu hingga tiga pun berlari dengan kencang. Namun, anak yang bernomor urut empat masih tetap dalam posisi, tidak juga beranjak lari.

"Mengapa kau tak ikut lari, nak?" tanya sang pelatih dalam Bahasa Madura.

"Bapak tadi bilang, satu, dua, tiga saja, sedangkan saya, kan, nomor empat," jawab anak kecil itu.

Pelatih itu pun kaget dan langsung menyuruhnya untuk ikut lari menyusul teman-temannya yang sudah hampir sampai di garis finish.

"Kalau seperti ini, bagaimana baiknya ya? Jangan lupa olahraga biar tetap sehat dan bahagia," tulis Khofifah dalam unggahannya.

 

2 dari 4 halaman

Goweser Baper

Sebelumnya, Khofifah juga mengunggah video yang menyarankan hal senada. Kali ini momennya romantis tetapi penuh edukasi.

Dalam video tersebut, nampak sepasang lelaki dan perempuan yang sedang nggowes alias bersepeda ria. Si lelaki terlihat menarik tangan si perempuan yang terlihat lelah dan tidak kuat mengayuh sepeda.

Momen tersebut terkeman oleh salah satu pengendara mobil yang kebetulan berada di belakangan pasangan goweser tersebut. Momen itu kemudian disebarkan oleh Bu Khofifah lewat IG-nya.

"Pesan buat para goweser old dan dadakan, bersepeda dan berolahraga buat badan sehat, lakukan dengan tertib dan bahagia. Taati aturan lalu lintas dan hormati pengendara kendaraan lainnya,” tulis Khofifah pada 5 Juli 2020.

Selanjutnya, Khofifah mengingatkan kepada masyarakat agar jangan sampai aksi gowes Anda malah merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Salam gowes di minggu pagi. Maturnuwun," kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Jalan Sehat dan Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Tak hanya itu, dalam rangka menjaga imunitas dan ketahanan tubuh terhadap segala bentuk penyakit khususnya COVID-19, Khofifah juga menganjurkan warganya untuk melakukan jalan sehat di pagi hari.

"Dulur, ayo jaga imunitas dengan jalan sehat pada jam 08.00-10.00 dengan UV 6-10. Selamat berakhir pekan, salam sehat bahagia,” tulis dia.

Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh, Bu Khofifah menganjurkan warga untuk berjemur beberapa saat.

"Butuh asupan vitamin D? Ayo berjemur. Gak usah lama-lama dan sampai gosong, cukup 15-20 menit setiap hari sambil olahraga tipis-tipis,” tulis Khofifah.

Karena dengan berjemur, lanjut Khofifah, daya tahan tubuh akan meningkat, sehingga tidak mudah terserang virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19. Selain berjemur, jangan lupa bahagia.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini