Sukses

Keutamaan Surah Al Kahfi Sesuai Hadis Nabi Muhammad SAW

Surah Al Kahfi identik dengan kisah tujuh orang yang tertidur dalam goa (seven sleepers). Keterangan mengenai kisah ini terdapat dalam ayat ke-9 hingga ayat ke-26.

Liputan6.com, Jakarta Surah Al Kahfi memiliki banyak faidah dan keutamaan. Seorang muslim yang membaca surah yang terdiri dari 110 ayat ini akan mendapatkan banyak keutamaan seperti yang tertera dalam sejumlah hadis Nabi Muhammad SAW.

Surah Al Kahfi berada di urutan ke-18 dalam Al-Quran. Surah ini juga sering disebut dengan surah Ashabul Kahfi. Dalam Bahasa Arab, kata ini berarti para penghuni goa.

Surah Al Kahfi identik dengan kisah tujuh orang yang tertidur dalam goa (seven sleepers). Keterangan mengenai kisah ini terdapat dalam ayat ke-9 hingga ayat ke-26. Dikisahkan tujuh orang tersebut tidur dalam goa selama bertahun-tahun lamanya.

Tak hanya itu, surah yang diturunkan di Kota Makkah (Makkiyah) ini juga mengandung banyak hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik oleh umat Islam.

Pada ayat pertama, Allah SWT menceritakan tentang kebenaran kitab suci Alquran beserta kisah-kisahnya. Allah juga memeperingati umat Islam tentang azab dan siksan-Nya yang nyata.

Pada ayat ke-56, Allah SWT memberitakan mengenai kebenaran utusan-utusan-Nya di muka ini, yaitu para Nabi dan Rasul. Mereka yang memberi peringatan kepada seluruh umat manusia agar senantiasa bertakwa kepada Tuhan.

"Dan Kami tiada mengutus para Rasul selain sebagai pembawa berita gembira serta sebagai pemberi peringatan; tetapi orang-orang kafir membantah mempergunakan kesia-siaan supaya melemahkan Kebenaran, juga orang-orang itu menganggap ayat-ayat Kami beserta ancaman-ancaman terhadap mereka sebagai cemoohan.” (Al-Kahfi: 56)

Lantas, apa keutamaan membaca Surah Al Kahfi ini? Berikut rangkuman manfaat dan keutamaan Surah Al Kahfi bagi umat Islam.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Surah Al Kahfi

Terlindungi dari Dajjal

Dengan menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi akan dijaga oleh Allah dari fitnah Dajjal. Hal ini terdapat dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

"Dari Abi Darda’, sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Siapa yang menghafal 10 ayat dari awal surat Al Kahfi, maka akan terjaga dari (fitnah) Dajjal.”

Terlindungi dari Godaan Setan

Godaan setan banyak macamnya. Setan yang selalu berupaya menggoda manusia itu menghalalkan segala cara. Untuk itu, umat Islam dianjurkan untuk meminta perlindungan kepada Allah. Salah satunya dengan membaca Surah Al Kahfi.

Dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa Rasulullah SAW bersabda mengenai hal ini.

“Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

Mendapatkan Cahaya dari Allah

Membaca Surah Al Kahfi merupakan sunah Rasulullah SAW. Dianjurkan pula untuk membaca surah ini di malam Jumat, meski dibaca di hari lain pun tetap memiliki faidah yang besar.

"Diriwayatkan dari Abi Said Al-Khudri, ia berkata, Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka Allah SWT akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan rumah yang penuh dengan keindahan." (Sunan Ad-Darimi, 3273)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.