Sukses

Risma Ajukan Pembangunan Akses Jalan Baru Menuju Stadion GBT

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menuturkan, Surabaya akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengajukan permohonan pembangunan akses jalan baru menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Ia menyampaikan hal itu saat mengunjungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Risma mengatakan, Surabaya akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Oleh karena itu, untuk mendukung kegiatan tersebut, pihaknya ingin ada akses jalan lain menuju Stadion GBT.

"Kita tahun 2021 akan jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Nah, kita ada pembangunan rencana jalan. Jadi yang jalan eksisting ke stadion (GBT) itu sudah kita bangun, ke stadion utamanya," ujar dia, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id.

Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan ke Kementerian PUPR untuk rencana pembangunan akses jalan baru tersebut. Meski akses jalan lain menuju Stadion GBT sudah dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, serta pihak pengembang.

"Tapi kita membuat jalan baru untuk mendukung ini. Karena itu kami mengusulkan ke Pak Menteri PUPR untuk sebagian," ungkap dia.

Dia menuturkan, rencana pembangunan jalan baru tersebut tak hanya bertujuan untuk mendukung akses menuju Stadion GBT.

Jika nantinya terealisasi, jalan baru itu juga dapat dimanfaatkan sebagai akses menuju PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong.

"Kalau itu bisa direalisasi, sebetulnya bukan hanya Stadion GBT yang kena, tapi TPA Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong yang baru juga bisa terlayani," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diharapkan Rampung 2021

Risma mengungkapkan, pada  2020, pembangunan PLTSa di TPA Benowo yang mampu menghasilkan energi listrik dengan kapasitas 11 megawatt sudah rampung. 

"Insya Allah tahun ini TPA kita sudah jadi dan menghasilkan listrik 11 megawatt. Kita usulkan ke Pak Presiden agar (TPA) bisa diresmikan beliau," papar dia.

Progres pembangunannya, saat ini tinggal menunggu komisioning atau pengujian. Meski sempat tertunda karena ada pandemi COVID-19, tetapi untuk pembangunan fisik TPA Benowo telah rampung 100 persen.

"Ini tinggal tunggu komisioning aja, karena sempat tertunda ada COVID-19. Ini sudah 100 persen fisik, tinggal komisioning (pengujian) untuk runningnya," tutur dia.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini berharap, rencana pembangunan akses jalan baru menuju Stadion GBT itu bisa rampung sebelum digelarnya Piala Dunia U-20 tahun 2021. "Harapannya (selesai) sebelum pertandingan U-20 2021," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.