Sukses

Pemkot Surabaya Ganti Rumput Lapangan Stadion GBT Sesuai Standar FIFA

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya mengganti rumput lama yang sesuai standar FIFA di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjelang Piala Dunia U-20

Hal itu disampaikan Kabid Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Pemerintah Kota Surabaya Iman Krestian di Surabaya, Jumat, (7/8/2020).

Iman menuturkan, mulai beberapa hari lalu rumput Stadion GBT sudah mulai dikupas karena sekitar 10 hari lagi rumput yang sesuai dengan standar FIFA segera tiba di sana dari Tangerang.

"Ini rumput lokal yang sudah diakui internasional dan sudah standar FIFA," kata Iman, seperti dikutip dari Antara.

Iman mengatakan, pengupasan rumput dengan menggunakan mesin itu dilakukan sampai ke akarnya sehingga rumput itu tidak rusak dan bisa langsung dipindahkan. Bekas rumput lapangan GBT ini akan diletakkan di pinggir lapangan.

"Nanti tanahnya kita pindahkan dan rumputnya juga kita pindahkan ke pinggir lapangan yang dulunya paving," kata Iman.

Iman mengaku langsung mengecek drainase di lapangan dan apabila ada yang tidak berfungsi, akan langsung diperbaiki. "Namun, sampai saat ini kita belum menemukan ada drainase yang tidak berfungsi, tapi kita cek terus," ujar dia.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam untuk rumput baru yang akan ditanam sekitar 1,5 bulan atau sama dengan penanaman rumput di Stadion Gelora 10 November Surabaya. Dua bulan berikutnya untuk perawatan dan adaptasi rumput agar bisa tumbuh.

"Jadi, kira-kira butuh 3,5 sampai 4 bulan ke depan rumput ini ditanam hingga bisa digunakan. Ya kira-kira Desember sudah bisa dipakai lagi," kata Iman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Uji Laboratorium

Iman memastikan bakal ada morfologi tes atau uji laboratorium dari Institut Pertanian Bogor (IPB) tentang kejelasan rumput dan IPB akan memastikan apakah vegetasi rumput itu sudah benar standar FIFA atau tidak.

"Jika hasil tesnya nanti tidak sesuai standar FIFA, maka kita tidak akan bayar. Kami juga akan minta pihak ketiga untuk mengganti rumput tersebut," ujar Iman.

Beberapa perbaikan di Stadion GBT juga dilakukan, seperti mengganti cat, khususnya di tribun penonton. Ini karena sesuai rencana single site di tribun bakal datang pertengahan Agustus ini.

"Kita juga terus memasang lampu lapangan, hingga saat ini sudah ada sekitar 36 lampu yang sudah terpasang dari 244 lampu yang akan dipasang di sana," kata Iman.

Pemkot juga mengebut perbaikan beberapa ruangan yang direkomendasikan FIFA. "Semuanya on progress, terus kita garap," kata dia.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.