Sukses

KAI Daop Jember Kembali Operasikan KA Pandanwangi Mulai 9 Agustus 2020

KAI Daop 9 Jember melihat animo tinggi masyarakat yang berharap kereta dengan rute Jember-Banyuwangi untuk beroperasi kembali.

Liputan6.com, Jakarta - KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember mengoperasikan lima kereta dengan 12 perjalanan kereta setiap hari pada Agustus 2020.

Hal ini seiring KAI Daop 9 Jember mengoperasikan kembali KA Pandanwangi mulai 9 Agustus 2020. Kereta tersebut merupakan kereta lokal dengan relasi Jember-Banyuwangi (PP).

"KA Pandanwangi yang berangkat dari Stasiun Jember-Ketapang Banyuwangi (PP) akan beroperasi setiap hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan bagi para penumpang," ujar Vice President PT KAI Daop 9 Agus Barkah seperti dikutip dari Antara, ditulis Minggu, (9/8/2020).

Ia menuturkan, ada empat perjalanan KA Pandanwangi yang dioperasikan setiap harinya. Selain itu, kebijakan pengoperasian kembali kereta lokal tersebut setelah KAI Daop 9 Jember melihat animo tinggi masyarakat yang berharap kereta dengan rute Jember-Banyuwangi untuk beroperasi kembali.

"KA Pandanwangi itu merupakan kereta lokal, sehingga penumpang yang naik kereta tersebut tidak perlu menyediakan dokumen kesehatan sebagai persyaratan melakukan perjalanan," ujar dia.

Kendati demikian, ia menuturkan, PT KAI Daop 9 Jember tetap menerapkan protokol kesehatan untuk penumpang yang akan naik KA Pandanwangi seperti suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,3 derajat Celsius, kewajiban memakai masker, dan diimbau untuk mengenakan pakaian lengan panjang.

"Kami juga menerapkan kapasitas tempat duduk maksimal 70 persen sesuai protokol kesehatan, sehingga diharapkan dapat mencegah penularan virus corona selama perjalanan menggunakan kereta api lokal," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasikan Lima Kereta

Dengan beroperasinya kembali KA Pandanwangi, KAI Daop 9 Jember mengoperasikan lima kereta dengan 12 perjalanan kereta setiap hari pada Agustus 2020.

Persyaratan untuk perjalanan menggunakan KA Pandanwangi tidak memerlukan dokumen kesehatan seperti ketika melakukan perjalanan menggunakan KA jarak jauh.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kereta jarak jauh maupun kereta lokal dapat melakukan pemesanan tiket melalui layanan aplikasi daring KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan kereta api atau penjualan langsung (go show) yang dilayani tiga jam sebelum kereta berangkat," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.