Sukses

BMKG Juanda Ingatkan Warga Waspadai Potensi Hujan pada Musim Kemarau

Secara umum wilayah Jawa Timur cenderung berawan dan hujan lokal pada sore hari pada Selasa, 11 Agustus 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini akan potensi terjadinya hujan lebat disertai dengan angin kencang pada sore hari di wilayah tapal kuda Jawa Timur pada Selasa, (11/8/2020).

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto menuturkan, wilayah waspada tersebut masing-masing Kabupaten Malang, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

"Diperkirakan akan terjadi hujan lebat disertai dengan petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah tapal kuda tersebut," ujar dia, sepert dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, secara umum wilayah Jawa Timur cenderung berawan dan hujan lokal pada sore hari pada Selasa, 11 Agustus 2020.

"Untuk hujan lokal hanya pada kisaran 10 persen, sedangkan sisanya berawan dan juga cerah," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Ia mengatakan untuk suhu udara di Jawa Timur hari ini berkisar antara 12-35 derajat celsius. Kemudian suhu udara berada pada kisaran 50 sampai 100 persen dan angin dominan dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan antara 05 sampai dengan 30 kilometer perjam.

"Kondisi ini masih wajar, karena hujan yang terjadi cenderung bersifat lokal dan tidak merata," ujar dia.

Namun demikian, lanjut dia, masyarakat diminta tetap berhati-hati dengan potensi hujan yang bisa terjadi secara periodik atau tidak merata pada suatu wilayah pada musim kemarau ini.

"Sifat hujan cenderung karena faktor lokal saja, dan biasanya yang harus diwaspadai adalah adanya perubahan kondisi suhu atau angin atau kondisi cuaca saja yang membuat badan terasa tidak enak dan harus menjaga kesehatan dengan asupan gizi serta vitamin yang cukup," ujar dia.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.