Sukses

BisOn, Fasilitas Belajar Daring Gratis bagi Siswa dari Undika Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Dinamika (Undika) Surabaya merancang bus keliling yang dinamakan Bis-Online atau BisOn. Bus ini menyediakan fasilitas belajar daring seperti jaringan internet dan wifi gratis bagi siswa di wilayah setempat.

Kepala Humas Undika Surabaya, Ryan Djauhari menuturkan, bus yang dibuka pukul 07.00-14.00 siang itu diluncurkan untuk mengatasi masalah minimnya fasilitas yang dibutuhkan siswa belajar daring di rumah.

"Kami sediakan 10 komputer dan wifi yang cukup untuk sekitar 10 sampai 30 siswa. Bus ini memang dirancang untuk siswa jenjang SD, SMP hingga SMA," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 11 Agustus 2020.

Dalam BisOn tersebut, Ryan menambahkan, siswa juga bisa menikmati perpurtakaan daring, maupun perpustakaan fisik dan museum technocom.

"Konsen kami memang menjangkau yang membutuhkan fasilitas," kata dia. 

Undika menyasar tiga kecamatan di Surabaya untuk dijadikan percontohan, yakni Kecamatan Rungkut,  Kecamatan Jambangan dan Kecamatan Sukolilo.

Ketiganya ini dipilih, sebab dari hasil survei, wilayah tersebut paling terdampak COVID-19 dengan fasilitas media belajar yang minim. 

"Kami juga ada pendampingan dari nahasiswa untuk kegiatan ini. Sekitar empat sampai lima orang untuk membantu siswa apabila kesulitan mengoperasionalkan komputer," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Meskipun kegiatan belajar disediakan di dalam bus, tetapi untuk protokol kesehatan Undika menerapkannya secara ketat, yakni dengan menggunakan pengecekan suhu di awal, wajib masker, dan wajib cuci tangan.

"Setiap habis penggunaan (komputer) kami beri disinfektan dan kita gunakan UV sterilisasi. Jadi kami jaga kebersihan dan steril tempat. Sehari bisa sampai empat atau lima kali pembersihan," ujar dia.

Rencananya, jika evaluasi di tahap awal berjalan baik Undika akan menjangkau fasilitas BisOn hingga ke daerah terpencil. 

Sementara itu, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Peduli Sosial Undika, Mahardika Alamsyah, menambahkan bagi siswa yang ingin belajar di BisOn, harus mendaftar terlebih dahulu.

Usai proses pendaftaran dilakukan para siswa SMA/SMK datang ke lokasi BisOn dan bisa menggunakan fasilitas tersebut.

"Selain fasilitas tersebut, Undika menyediakan pelatihan bagi masyarakat sekitar untuk mendukung UMKM atau kegiatan yang ada pada lingkungan tersebut," tutur dia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini