Sukses

VIDEO: Terkendala Kuota dan HP, Siswa SDN di Madiun Belajar Daring Memakai HT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai kendala dirasakan para guru untuk bisa mengajar siswa, di tengah pandemi Covid-19, apalagi keterbatasan tidak memiliki sarana komunikasi seperti gawai.

Agar siswa tetap belajar, sebuah sekolah di Madiun memanfaatkan alat komunikasi handy talky (HT). Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 11 Agustus 2020.

Sudah hampir satu bulan para murid Sekolah Dasar Negeri Balerejo 01, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, belajar dengan menggunakan handy talky atau biasa disebut dengan HT. Satu unit pesawat HT digunakan untuk belajar tiga anak.

Meski belajar bersama, mereka tetap memperhatikan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker dan jaga jarak. Meski dengan kondisi serba terbatas, para siswa mengaku senang belajar menggunakan HT, karena murah, dan tidak harus membeli kuota internet. Komunikasi jarak jauh siswa dengan guru juga berjalan lancar.

Sebelumnya, berbagai cara sudah dilakukan untuk pembelajaran siswa di tengah pandemi Covid-19, mulai menggunakan aplikasi video konferensi, hingga aplikasi pesan singkat media daring.

Namun, masih ada siswa yang ketinggalan pelajaran karena terkendala jaringan internet dan keterbatasan gawai.

"Siswa kelas 6, tidak banyak yang tidak punya hp, memang punya hp, pertama tapi terkadang mereka terkendala kuota, yang kedua, hp dibawa orangtua bekerja, kemudian ada juga yang karena mengandalkan wifi milik tetangga, seandainya itu tidak menyala, terjadi trouble, tertinggal pelajarannya," terang Anifatul Maghfiroh, Guru Kelas 6.

Total siswa di SD Negeri Balerejo 01 berjumlah 125 orang, rata-rata per kelas masih ada siswa yang belum memiliki handphone. Untuk itu, dua pesawat HT yang ada terpaksa digunakan secara bergantian oleh para siswa.