Sukses

6 Wisata Pantai di Trenggalek Jawa Timur yang Indah dan Memesona

Liputan6.com, Jakarta Wisata pantai di Trenggalek memiliki pesona yang unik. Hal ini karena letak geografis Trenggalek yang dikelilingi oleh pegunungan dan merupakan salah satu kabupaten yang berada di kawasan selatan Jawa Timur. Dengan begitu, Trenggalek berbatasan langsung dengan laut.

Trenggalek memiliki berbagai objek wisata yang sangat indah. Banyak sekali pantai-pantai yang begitu memesona terletak di Trenggalek ini. Bahkan saking banyaknya kawasan pantai, letaknya pun tidak terlalu berjauhan satu dengan yang lainnya.

Wisata pantai di Trenggalek menawarkan keindahan laut dengan pemandangan yang menakjubkan. Kamu bisa menikmati berenang di lautan, melihat indahnya pemandangan pantai, hingga merasakan pengalaman melihat penyu di pantai-pantai Trenggalek ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020) tentang wisata pantai di Trenggalek.

2 dari 4 halaman

Pantai Prigi dan Pantai Cengkrong

Pantai Prigi

Pantai Prigi merupakan landmark Kabupaten Trenggalek. Wisata pantai di Trenggalek ini adalah tempat wisata kegemaran keluarga pada musim liburan.

Berjarak 48 kilometer dari pusat Kota Trenggalek, Pantai Prigi dikenal memiliki pasir putih yang lembut dan pemandangan yang begitu mempesona. Selain itu, di sekeliling pantai, kamu bisa menemukan pelabuhan. Di Pantai Prigi, kamu bisa membeli ikan segar yang baru saja ditangkap nelayan.

Pantai Cengkrong

Wisata Pantai di Trenggalek selanjutnya adalah Pantai Cengkrong yang menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Trenggalek. Menikmati sang fajar terbit perlahan di antara perbukitan dengan pemandangan lautan luas dan perahu nelayan yang bersandar tentunya akan sangat syahdu.

Bahkan, di Pantai Cengkrong ini kamu bisa menikmati sunrise di dua spot yang berbeda, yaitu di Pantai Cengkrong sendiri, dan di jembatan jalur lintas selatan, sekitar 50 meter dari Pantai Cengkrong yang memiliki pemandangan tak kalah indah.  

Pantai Cengkrong berada tidak jauh dari Pantai Prigi, hanya sekitar 4 km. Jadi, jika kamu mengunjungi Pantai Prigi, bisa sekaligus menikmati sunrise di Pantai Cengkrong.

3 dari 4 halaman

Pantai Taman Kili-Kili dan Pantai Pelang

Pantai Taman Kili-Kili

Wisata pantai di Trenggalek berikutnya adalah Pantai Taman Kili-Kili. Pantai Kili-kili ini merupakan tempat penangkaran penyu yang tentunya tidak ada di semua pantai. Hal inilah yang membuat pantai satu ini istimewa.

Kawasan pantai taman Kili-kili ini memang dijadikan konservasi pembudidayaan penyu dengan tujuan untuk mengawal induk penyu yang telah selesai bertelur. Ada juga kegiatan seru melepas anak penyu ke lautan lepas bila kamu beruntung.

Pantai ini berjarak 54 kilometer dari pusat Kota Trenggalek. Menyajikan pemandangan indah dan spot melihat sunset, kamu juga akan dimanjakan dengan pasir lembut yang terhampar di sepanjang pantai. Di salah satu Wisata Trenggalek ini kamu juga bisa berenang di tepi pantai dengan ombak yang menyegarkan.

Pantai dan Air Terjun Pelang

Wisata pantai di Trenggalek satu ini merupakan wisata yang komplet, karena di satu tempat kamu bisa mendapatkan dua destinasi sekaligus. Pantai Pelang memiliki panorama yang sangat indah dengan ombak yang besar, jadi kalau ingin berenang di sini, kamu harus hati hati.

Di samping itu, air terjun pelang merupakan wisata Trenggalek yang memiliki tinggi 25 meter dengan air deras yang sangat menyegarkan. Jadi kalau kamu takut mandi atau berenang di pantainya, kamu bisa menikmati Air terjun Pelang saja.

Seakan tidak hentinya memberikan sajian menarik untuk wisatawan, kawasan wisata Pantai Pelang ini bahkan memiliki daerah perbukitan yang membuat kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan alam di sekitar. Pantai Pelang ini berjarak 57 kilometer dari pusat Kota Trenggalek.

4 dari 4 halaman

Pantai Karanggongso dan Pantai Pasir Putih

Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso merupakan wisata pantai di Trenggalek yang juga cukup terkenal di kalangan wisatawan. Menikmati semilir angin laut yang menyegarkan dengan berjalan santai sepanjang garis pantai tentunya akan terasa sangat menenangkan.

Selain itu, dengan ombak yang relative agak tenang, amu bisa berenang dan bermain air di Pantai Karanggongso ini. Pemandangan sunset akan menjadi penutup hari yang indah untukmu saat liburan ke Trenggalek.

Pantai Pasir Putih

Wisata pantai di Trenggalek selanjutnya adalah Pantai Pasir Putih. Pantai satu ini tidak kalah indah dengan pantai lainnya. Dengan pasir putih yang menawan, kamu dapat bermain dengan tenang sambil menikmati pemandangan laut biru yang luas. Kamu juga bisa berenang di Pantai Pasir Putih ini karena ombaknya juga cukup tenang.