Sukses

Khofifah Serahkan Lencana Kehormatan bagi mendiang Kepala Bappeda Rudy Ermawan

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan Lencana Kehormatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur "Jer Basuki Mawa Beya" kepada mendiang Rudy Ermawan, Kepala Bappeda Jatim pada Kamis, (13/8/2020).

Penghargaan itu sebagai bentuk penghormatan bagi mendiang Rudy Ermawan atas dedikasi dan pengabdiannya kepada negara. Penghargaan tersebut pun diterima istrinya Puji Astutik.

"Penghargaan ini adalah bentuk penghormatan bagi almarhum atas dedikasi dan pengabdiannya kepada negara, terutama Provinsi Jawa Timur," tutur Khofifah, usai menyerahkan penghargaan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis, (13/8/2020), seperti dikutip dari Antara.

Penghargaan lencana "Jer Basuki Mawa Beya" kategori perak diberikan karena kemampuan Rudy Ermawan semasa hidup, yakni sebagai arsitek sekaligus memberikan solusi di RSUD dr Soetomo, RS Jiwa Menur, RS Haji hingga RS Darurat dalam penanganan COVID-19.

"Bagaimana pengembangan fasilitas ruang isolasi bertekanan negatif terus beliau lakukan," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Rudy Ermawan wafat pada Selasa malam, 14 Juli 2020 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya setelah berjuang melawan COVID-19.

Atas nama Pemprov Jatim, Khofifah Indar Parawansa juga akan mengusulkan kenaikan pangkat istimewa untuk almarhum melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Penghargaan dan penghormatan, kata dia, dirasa pantas atas jasa-jasanya serta pengabdian selama ini sebagai salah seorang ASN terbaik yang dimiliki Pemprov Jatim.

2 dari 3 halaman

Tiga Pejabat Forkopimda Jatim Raih Penghargaan

Di tempat sama, Khofifah juga memberikan penghargaan lencana "Jer Basuki Mawa Beya" kategori emas kepada tiga pejabat forkopimda, yakni Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, dan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto.

Menurut Khofifah, tiga pejabat Forkopimda Jatim layak diberikan penghargaan karena dedikasi luar biasa dalam upaya percepatan dan penanganan COVID-19 di wilayah setempat.

Semisal, lanjut dia, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran menginisiasi adanya "Kampung Tangguh", bahkan diapresiasi oleh Kapolri dengan Program Tangguh Nusantara dan dijadikan referensi oleh Presiden bahwa dalam menghadapi COVID-19 dibutuhkan ketangguhan.

Selain itu, penghargaan kepada Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah karena tidak kenal lelah mengerahkan jajarannya mengawal masyarakat untuk taat pada protokol kesehatan.

Kemudian, kepada Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto yang dinilai senantiasa memberikan dukungan penuh ke Pemprov Jatim dan gugus tugas atau satuan tugas untuk menyalurkan bantuan penanganan COVID-19 hingga ke kawasan kepulauan dengan menggunakan armada yang dimiliki.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini