Sukses

Gubernur Khofifah Kukuhkan Paskibraka 2020 Bertugas di Grahadi

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas dalam upacara Hari Kemerdekaan RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 17 Agustus 2020.

"Pengukuhan ini digelar rutin sebelum bertugas saat upacara kemerdekaan RI," ujar Khofifah yang ditemui usai mengukuhkan Paskibraka di Grahadi, Surabaya, Kamis, (13/8/2020) seperti dikutip dari Antara.

Acara pengukuhan Paskibraka tingkat provinsi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian para anggota Paskibraka mengucapkan Ikrar Pemuda Indonesia. Khofifah melanjutkan dengan menyampaikan pernyataan pengukuhan.

"Saya Gubernur Jawa Timur mengukuhkan anak-anakku sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 di halaman Gedung Negara Grajadi pada 17 Agustus tahun 2020. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan rahmat dan kemudahan dalam melaksanakan tugas negara," tutur Khofifah saat membaca pernyataan pengukuhan.

2 dari 3 halaman

Hanya 10 Orang

Sementara itu, berbeda dengan pengukuhan Paskibraka pada 2019 yang jumlahnya 76 orang, tahun ini yang dikukuhkan hanya 10 orang. Rinciannya, tiga pengibar bertugas pada upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, kemudian tiga pengibar lainnya untuk upacara penurunan bendera.

"Masing-masing dua orang untuk petugas cadangan. Sehingga total 10 orang Paskibraka di Jatim untuk tahun ini," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim Aries Agung Paewai.

Menurut dia, perbedaan jumlah petugas dari tahun lalu karena peringatan HUT Ke-75 RI kali ini masih dalam suasana pandemi COVID-19.

"Pada upacara nanti juga diterapkan protokol kesehatan sehingga petugas upacara dikurangi, termasuk undangan dan peserta," kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim tersebut.

Total 10 anggota Paskibraka Jatim yang dikukuhkan adalah Haruna Urfan Arissunarso (SMAN 1 Tuban), M Alfan Azizy (SMAN 5 Tuban), Nurul Mafazah (SMAN 1 Gresik), Rifqi Ahmad Maulana (SMAN 1 Gresik), dan Findar Amelia Hariami (SMAN 1 Kesamben, Blitar).

Selanjutnya, Rafi Gustiar Aszamzamy (SMAN 1 Srengat, Blitar), Zixy Mahar Nurtias (SMA Progresif Bumi Sholawat, Sidoarjo), Mohammad Ardhian Satria (SMAN 2 Sidoarjo), Hafidh Arga Dinata (SMAN 2 Mojokerto), dan Mokhamad Zacky Gutawa (SMKN 1 Jetis, Mojokerto).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini