Sukses

Kidung Jula-Juli Ramaikan Perayaan HUT ke-75 RI di Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Kidung Jula-Juli atau syair yang dilagukan ketika pertunjukan seni ludruk dimulai, bakal meramaikan khasana perayaan HUT RI ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, di Surabaya, Jawa Timur.

DPD Golkar Kota Surabaya merayakan perayaan HUT RI ke-75 ini mengingat kesenian tersebut kurang populer di kalangan generasi milenial Surabaya. Kidung Jula-Juli bertema kemerdekaan ini diperlombakan melalui media sosial.

"Iya betul, untuk lebih lengkapnya panjenengan bisa menghubungi ketua pelaksana lomba Jula-Juli ya," tutur Ketua DPD Golkar Surabaya, Arif Fathoni kepada liputan6.com melalui pesan singkat, ditulis Jumat, (14/8/2020).

Arif juga menambahkan, lomba Jula-Juli ini merupakan bagian dari komitmen Partai Golkar Surabaya untuk turut melestarikan kebudayaan Surabaya dan Jawa Timur.

"Meski kita saat ini merayakan HUT Kemerdekaan dengan nuansa keprihatinan karena pandemik COVID-19, maka kita gelar kegiatan ini dengan nuansa protokol kesehatan ketat," tutur dia.

2 dari 3 halaman

Peserta Mendaftar Sudah 25 Orang

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Panitia Lomba Jula Juli Ahmad Tufel Efendi menjelaskan, saat ini peserta yang sudah mendaftar ada sekitar 25 orang. Ia berharap pendaftar lebih banyak lagi agar lomba Jula-Juli ini bisa semarak.

"Saat ini Jula-Juli di kalangan warga Surabaya sudah tidak familiar lagi. Makanya kita gelar lomba ini untuk mengangkat budaya asli Surabaya,"  ujar Tufel.

Ia menyebutkan, adapun syarat peserta di antaranya berlaku untuk semua usia, wajib mengikuti akun IF @golkarsurabaya, menyukai halaman facebook DPD Golkar Surabaya, komen dan menyebarkan di IG pribadi dan mengajak lima teman, mengunggah video Jula-Juli dengan tagar golkarsurabaya, #lombajulajuligolkarsurabaya, #julajulikidungkemerdekaan.

Dia menuturkan, video tersebut berdurasi 2-3 menit dikirim ke emailgolkarsby@gmail.com dan lainnya. "Karya harus orisinil akun peserta tidak boleh private atau anonim serta tidak mengandung sara dan ujaran kebencian," ungkapnya.

Adapun kriteria penilaian lomba Jula-Juli ini meliputi pertama syair, cengkok dan laras. Kedua, kidungan, pos-posan, kidung lombo, dangdutan, kidung penutup dan terakhir adalah penampilan.

"Pendaftaran lomba Jula-Juli ini dimulai tanggal 10 hingga 25 Agustus 2020. Dan total hadiah yang diperebutkan mencapai puluhan juta rupiah," ujar Tufel.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini