Sukses

Risma Harap Fatayat NU Ikut Bantu Awasi Kondisi Ibu Hamil di Surabaya

Pemkot Surabaya menyediakan tes usap gratis bagi ibu hamil agar tidak ada masalah menjelang melahirkan di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) berharap anggota Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) ikut membantu mengawasi dan melaporkan kondisi ibu hamil dan balita yang ada di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur selama pandemi COVID-19.

"Biasanya pihak rumah sakit akan menanyakan apakah si ibu itu sudah pernah 'rapid test' atau 'swab test' menjelang melahirkan. Jika belum dilakukan tes, biasanya dianjurkan untuk melakukan tes," ujar Wali Kota Risma saat memberikan sambutan melalui video telekonferensi di acara serah terima bantuan renovasi BTPN-Syariah bekerja sama dengan PC Fatayat NU Kota Surabaya, Jumat, (13/8/2020), seperti dikutip dari Antara.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya menyediakan tes usap gratis bagi ibu hamil agar tidak ada masalah menjelang melahirkan di tengah pandemi COVID-19.

Ia juga meminta bantuan Fatayat NU ikut serta memantau para balita, terutama dalam hal pemenuhan gizinya.

Risma mengatakan, meskipun di tengah pandemi dan perekonomian yang mungkin menurun ini, gizi para balita harus tetap dijaga dengan baik.

"Jadi, kalau ada ibu hamil dan balita yang kondisi keuangan orang tuanya terbatas di tengah pandemi ini, kami mohon bantuannya untuk melaporkan kepada puskesmas terdekat, nanti akan kami bantu tambahan makanan. Saya mohon bantuan dan dukungannya kepada seluruh sahabat Fatayat NU Surabaya," ujarnya.

Ia mengatakan, Fatayat NU Surabaya selama ini sudah banyak melakukan berbagai hal, terutama untuk pengembangan ekonomi warga dan keluarga besar Fatayat NU se-Surabaya.

Oleh karena itu, ia berharap kerja sama dengan BTPN Syariah yang sudah dimulai itu terus dikembangkan, tidak hanya memberikan bantuan dalam bidang infrastruktur, tetapi juga dalam bidang perkembangan perekonomian.

"Sebab menurut saya, ke depannya ini kita butuh kerja sama yang luar biasa dan gotong royong kita bersama untuk bagaimana bisa bertahan di tengah seluruh dunia akan menghadapi resesi," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Dukung Program Wali Kota Risma

Ketua panitia acara yang sekaligus Wakil Ketua Fatayat NU Surabaya Nuri Mardiyana siap mendukung program Wali Kota Risma terutama dalam hal mengawasi dan melaporkan apabila ada ibu hamil dan balita yang memang membutuhkan bantuan.

"Kami siap mendukung dan membantu semua program Bu Risma, apalagi anggota kami para perempuan yang masih produktif, sehingga kami siap untuk mendukung itu semua," kata dia.

Ia menuturkan, tentang acara serah terima bantuan renovasi dari BTPN Syariah bekerja sama dengan PC Fatayat NU Kota Surabaya itu.

Ia mengatakan setelah ada nota kesepahaman di tingkat nasional, kemudian ditindaklanjuti di beberapa titik di Indonesia, salah satunya Kota Surabaya.

"Jadi, atas rekomendasi dari nasabah BTPN Syariah, kali ini kita akan membantu renovasi fisik MCK di Kalibokor Gang V dan ruang posyandu di Kelurahan Sukolilo. Bantuan semacam ini akan terus dikembangkan ke depannya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.