Sukses

7 Pantai Utara di Jawa Timur Penuh Pesona, Punya Ombak Tenang

Liputan6.com, Jakarta Pantai menjadi destinasi favorit pelepas penat. Di Jawa Timur ada banyak pantai yang bisa dikunjungi. Di bagian utara, berjajar pantai menawan yang siap memanjakan siapapun yang mengunjunginya.

Pantai utara biasanya memiliki ombak yang jauh lebih tenang dibanding pantai selatan. Ini membuat jajaran pantai utara cocok dijadikan tempat bercengkerama bersama keluarga. Di Jawa Timur, ada banyak pilihan pantai utara dengan keunikannya masing-masing. 

Pantai utara di Jawa Timur ini tersebar di banyak daerah seperti Tuban, Lamongan, dan Gresik. Berikut pantai utara di Jawa Timur untuk melepas penat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(14/8/2020).

2 dari 8 halaman

Pantai Sowan, Tuban

Pantai Sowan berlokasi di Bogoran, Bogorejo, Bancar, Tuban. Di tepi Pantai Sowan pun terdapat hutan yang luasnya mencapai 32 Hektar. Di pinggir pantai kamu akan menemukan rimbunan pohon Mahoni, Jati, Akacia, Klampis, dan lainnya. Lokasinya berada di perbatasan antara provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pantai Sowan dikelola oleh Perhutani membuatnya nampak bersih dan terawat. Tak cuma pepohonan, di sini kamu juga akan menemukan hewan seperti burung perkutut, Burung kutilang, Burung jalak, Burung gereja, Burung puyuh, Burung kakak tua putih, Burung trucukan, Musang, Trenggiling, hingga Biawak.

3 dari 8 halaman

Pantai Remen, Tuban

Pantai ini berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hamparan pasir putih yang melingkar menjorok ke laut memberi keunikan tersendiri dari pantai ini. Pantai Remen merupakan tempat wisata yang terhitung masih baru di Tuban, karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu.

4 dari 8 halaman

Pantai Boom, Tuban

Pantai Boom menjadi pantai paling populer di Tuban. Pantai Boom Tuban terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban. Pantai ini menjadi tujuan favorit warga Tuban untuk rekreasi. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Tuban yaitu di sebelah utara Alun-Alun Tuban. Dulunya Pantai Boom adalah sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Pantai Boom menjadi pantai paling populer di Tuban. Pantai Boom Tuban terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban. Pantai ini menjadi tujuan favorit warga Tuban untuk rekreasi. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Tuban yaitu di sebelah utara Alun-Alun Tuban. Dulunya Pantai Boom adalah sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

5 dari 8 halaman

Pantai Kutang, Lamongan

Pantai Kutang adalah salah satu andalan wisata bahari di Lamongan. Pantai ini berada di desa Labuhan, Kecamatan Labuhan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Pantai Kutang merupakan salah satu pantai utara yang memiliki hamparan pasir putih yang indah.

6 dari 8 halaman

Pantai Maldives, Lamongan

Pantai Maldives berada di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sesuai namanya, pantai ini memberi pengalaman serasa berada di Maladewa.

Ciri khas pantai ini adalah adanya gubug yang beratapkan dedaunan kering yang tersebar di sepanjang pesisir pantai. Di pantai ini juga terdapat jembatan yang dibuat untuk menghubungkan antara satu gubug dengan gubug-gubug lainnya.

7 dari 8 halaman

Pantai Dalegan, Gresik

Pantai Dalegan merupakan pantai favorit warga Gresik. Pantai ini berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Di pantai ini pengunjung diperbolehkan untuk berenang karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

Selain itu pantai ini mempunyai pasir berwarna putih, wisatawan bisa bermain pasir dan memancing. Selain pantai, di sini juga terdapat tempat bermain anak dan stan kuliner.

8 dari 8 halaman

Pantai Makam Panjang, Gresik

Di Pantai Makam Panjang ini wisatawan dapat menikmati panorama sekitar yang indah dan masih asri. Pantai Makam Panjang merupakan salah satu pantai yang mempunyai cerita sejarah di Gresik. Dinamakan Makam Panjang karena di sekitar pantai ini terdapat sebuah kuburan panjang. Makam ini merupakan milik salah satu abdi setia Sang Adji Saka (Duro) yang meninggal dunia di Pantai Makam Panjang.