Sukses

Sambut Akhir Pekan dengan Deretan Kabar Baik dari Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar baik dari Jawa Timur beragam pada pekan ini. Kabar baik itu salah satunya peta risiko Surabaya yang kini berubah dari zona merah menjadi zona oranye COVID-19 pada 10 Agustus 2020. 

Ada faktor yang menyebabkan perubahan status Surabaya menjadi zona oranye. Meski demikian, masyarakat diminta tetap waspada.

Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Dr Windhu Purnomo menuturkan, meski zonasi peta risiko COVID-19 berubah dari merah ke orange, masyarakat harus tetap waspada terhadap penularan COVID-19.

Tak hanya itu, ada lima kelurahan di Surabaya, Jawa Timur mencatatkan nol kasus COVID-19 pada Kamis, 13 Agustus 2020. Selain itu, tren kesembuhan juga meningkat.

Selain itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim menyediakan akses internet gratis bagi pelajar yang mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh via daring. Layanan ini bisa diakses di kantor BPSDM Jawa Timur di Jalan Balongsari Tama Surabaya.

Sedangkan di Sidoarjo, SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) membagikan kuota internet gratis sebesar 9 GB untuk meringankan beban siswa saat menggelar kegiatan belajar dan mengajar via dalam jaringan (daring) di tengah pandemi COVID-19.

Dari sisi transportasi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 8 Surabaya telah menambah perjalanan jarak yang tadinya masih terbatas. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan peningkatan penumpang dalam liburan memperingati HUT ke-75 RI.

Ingin tahu kabar baik lainnya pada pekan ini? Berikut sejumlah rangkumannya yang ditulis Sabtu, (15/8/2020) seperti dikutip dari berbagai sumber:

2 dari 12 halaman

Pasien Sembuh dari COVID-19 di Jatim Tembus Angka 20 Ribu

Jawa Timur (Jatim) kembali mencatatkan tambahan pasien sembuh dari COVID-19 lebih banyak dari kasus positif pada Jumat, 14 Agustus 2020.

Ada tambahan pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 sebanyak 468 orang. Dengan demikian total pasien positif COVID-19 mencapai 20.016 orang hingga 14 Agustus 2020.

Tambahan pasien sembuh dari COVID-19 terbanyak lainnya di DKI Jakarta sebanyak 692 orang. Angka kesembuhan ini tertinggi secara harian. Disusul Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan sebanyak 120 orang.

Sementara itu, tambahan pasien positif COVID-19 di Jawa Timur masih terjadi. Tercatat ada tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 418 orang. Hingga 14 Agustus 2020, total pasien positif COVID-19 sebanyak 26.979 orang.

Berita selengkapnya baca di sini

 

3 dari 12 halaman

Kota Surabaya Berstatus Zona Oranye COVID-19 di Peta Risiko

Sebagian besar kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) kini telah berubah terkait zonasi peta risiko. Terbaru yang menjadi zona oranye ialah Surabaya, Jawa Timur.

Data dari Satgas COVID-19 Jatim hingga  Senin, 10 Agustus 2020, angka positif Covid-19 di Surabaya 9.751 dengan penambahan kasus 125 per hari.

Menurunnya tingkat risiko COVID dari tinggi ke sedang ini berseiring dengan bertambahnya surveilens atau pengawasan dan pelayanan kesehatan.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, Senin, 10 Agustus 2020, jumlah rumah sakit rujukan COVID-19 yang semula 99 saat ini menjadi 127 rumah sakit. Ditambah lagi RS Darurat Lapangan di kawasan Indrapura, Surabaya.

Lalu mesin PCR yang tersedia kini mencapai 53 unit. Kemudian TCM sebanyak 23 unit, dalam sehari saja bisa melakukan 4.000-5.349 testing.

"Laboratorium pemeriksaan semuanya berusaha untuk menaikkan (testing), nantinya kita akan lebih representatif," ujar Ketua Satgas Rumpun Kuratif, dr. Joni Wahyuhadi, Selasa, 11 Agustus 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

 

4 dari 12 halaman

Akses Internet Gratis bagi Siswa di Surabaya

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim menyediakan akses internet gratis bagi pelajar yang mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh via daring. Layanan ini bisa diakses di kantor BPSDM Jawa Timur di Jalan Balongsari Tama Surabaya.

"Diprioritaskan bagi pelajar yang kesulitan akses internet, terutama mereka yang bingung sekolah karena tak memiliki kuota atau paket internet," ujar Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai di Surabaya seperti yang dikutip dari Antara, Jumat, 14 Agustus 2020.

BPSDM Jatim menyediakan akses internet gratis dari Senin hingga Jumat mulai pukul 07.00 WIB. Pelayanan tersebut dibatasi untuk maksimal 30 anak yang sudah mendaftar supaya pengguna layanan bisa menjaga jarak aman sesuai protokol pencegahan Covid-19.

Selain akses internet gratis, BPSDM Jatim menyediakan telepon genggam dan komputer jinjing serta mesin pencetak untuk memfasilitasi anak-anak yang membutuhkan sarana untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

"Tapi (itu) bagi mereka yang benar-benar orangtuanya tak memiliki ponsel atau laptop," ucapnya.

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 12 halaman

Kuota Internet Gratis bagi Siswa SMA Ini di Sidoarjo

SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo, Jawa Timur, membagikan kuota internet gratis sebesar 9 GB untuk meringankan beban siswa saat menggelar kegiatan belajar dan mengajar via dalam jaringan (daring) di tengah pandemi COVID-19.

Wakil Kepala bidang Kesiswaan Smamita Edwin Yogi Laayrananta di Sidoarjo mengatakan pembagian kuota gratis dilakukan secara drive thru untuk menghindari penyebaran virus corona jenis baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19, Kamis, 13 Agustus 2020.

"Agustus ini kuota gratis dapat kami bagikan kepada seluruh siswa Smamita. Sebanyak 786 kartu perdana internet dibagikan kepada siswa. Dan saat ini kami bekerja sama dengan PT Telkomsel sebagai mitra kami," ujar dia.

Yogi mengatakan pembagian kartu perdana internet ini dilakukan secara drive thru dengan maksud mengakomodasi kebutuhan akan internet siswa dengan tanpa mengabaikan protokol kesehatan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. "Pembagian dilakukan secara bertahap selama tiga hari mulai Kamis ini," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

 

6 dari 12 halaman

KAI DAOP 8 Surabaya Tambah 4 Perjalanan Jarak Jauh

PT KAI Daop 8 Surabaya kembali menambah empat  perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dan 10 perjalanan KA Lokal yang beroperasi pada Agustus 2020. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan peningkatan penumpang dalam liburan memperingati HUT ke-75 RI.

Terdapat empat  kereta api jarak jauh yang kembali dioperasikan oleh KAI pada akhir pekan dan tanggal tertentu pada Agustus. Sebelumnya kereta api tersebut dihentikan sementara operasionalnya.

Empat KA tersebut terdiri dari dua KA tujuan Jakarta melalui Bandung (Via Jalur selatan) dan dua KA tujuan Ketapang (Banyuwangi).

Penambahan empat Kereta Api Jarak Menengah/ Jauh yang kembali beroperasi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur memperingati  HUT ke-75 RI tersebut di antaranya:

1.KA Argo Wilis (Plb 1b/ Plb 2b), relasi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir (Jakarta)/ pp.

2.KA Malabar (KLB KP 107E/ PLB 108B), Relasi Malang - Bandung - Pasar Senen (Jakarta)/ pp.

3.KA Mutiara Timur Pagi (KA 183/ 184) Relasi Surabaya Pasar Turi/Surabaya Gubeng - Ketapang/ pp.

4.KA Mutiara Timur Malam (KA 185/186) Relasi Surabaya Pasar Turi/ Surabaya Gubeng - Ketapang/ pp.

Dengan demikian pada Agustus 2020, di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 65 perjalanan KA penumpang yang beroperasi, terdiri dari 46 KA Lokal dan 19 KA Jarak Menengah/Jauh.

Berita selengkapnya baca di sini

7 dari 12 halaman

Kabar Baik, Lima Kelurahan di Surabaya Nihil Kasus Positif COVID-19

Ada lima kelurahan di Surabaya, Jawa Timur mencatatkan nol kasus COVID-19 pada Kamis, 13 Agustus 2020. Selain itu, tren kesembuhan juga meningkat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, jumlah kelurahan yang nol kasus saat ini sebanyak lima kelurahan antara lain Kelurahan Tambak Wedi, Kelurahan Krembangan Utara, Kelurahan Embong Kaliasin, Kelurahan Romokalisasi, dan Kelurahan Genting Kalianak.

"Jadi, dari lima kelurahan itu punya cerita masing-masing hingga berhasil mencapai nol kasus," kata Febria Rachmanita, di Dapur Umum Balai Kota Surabaya, Jumat, 14 Agustus 2020 seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id

Berita selengkapnya baca di sini

8 dari 12 halaman

Hari Gajah Sedunia, Taman Safari Prigen Punya Anggota Baru

Taman Safari Prigen Pasuruan, Jawa Timur, menambah koleksi satwa gajah setelah berhasil mengembangbiakan (breeding) satwa gajah Sumatera (elephant maximus sumatranus).

General Manager Taman Safari Prigen, Diaz Yonadie di Pasuruan mengatakan kelahiran gajah Sumatera ini merupakan kado istimewa menyambut World Elephant Day yang diperingati setiap 12 Agustus, Senin.

"Gajah berjenis kelamin betina tersebut lahir pada 14 Juli 2020. Lahir dari indukan betina bernama Sisca dan induk jantan bernama Wahid. Bayi gajah ini masih belum diberi nama seperti satwa-satwa lainnya, sehingga apabila ada yang memberikan usulan nama, kami persilakan," ujar dia, dilansir dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

9 dari 12 halaman

BisON, Fasilitas Belajar Daring Gratis dari Undika Surabaya

Universitas Dinamika (Undika) Surabaya merancang bus keliling yang dinamakan Bis-Online atau BisOn. Bus ini menyediakan fasilitas belajar daring seperti jaringan internet dan wifi gratis bagi siswa di wilayah setempat.

Kepala Humas Undika Surabaya, Ryan Djauhari menuturkan, bus yang dibuka pukul 07.00-14.00 siang itu diluncurkan untuk mengatasi masalah minimnya fasilitas yang dibutuhkan siswa belajar daring di rumah.

"Kami sediakan 10 komputer dan wifi yang cukup untuk sekitar 10 sampai 30 siswa. Bus ini memang dirancang untuk siswa jenjang SD, SMP hingga SMA," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 11 Agustus 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

10 dari 12 halaman

Masyarakat Blitar Bisa Bikin Paspor Tanpa Harus ke Kantor Imigrasi, Begini Caranya

Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar membatasi jumlah pengunjung yang mengurus paspor di kantor imigrasi setempat. Hal ini dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan ketat selama pandemi Covid-19.

Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar menyediakan kuota 48 orang per hari. Namun, yang datang hanya sekitar 10 sampai 20 orang per hari.

“Memang yang daftar banyak, tetapi yang riil datang menurun. Mungkin karena mau jalan tapi masih takut," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar Andhika Pandu Kurniawan di Blitar, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa, 11 Agustus 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

11 dari 12 halaman

Pemkot Surabaya Optimalkan Bantuan BNPB untuk Labkesda

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima bantuan peralatan medis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) di rumah dinas, Jalan Sedap Malam, Surabaya, Rabu, 12 Agustus 2020.

Tiba di rumah dinas, bantuan tersebut langsung dicek dan diserahterimakan kepada Pemkot Surabaya. Bantuan itu akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan COVID-19 di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Surabaya.

Berita selengkapnya baca di sini

12 dari 12 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini