Sukses

VIDEO: Ornamen Bernuansa Merah dan Putih Hiasi Kampung Mulyorejo Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dan menarik dari Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di Kampung Mulyorejo Selatan Baru, Surabaya, Jawa Timur.

Sepanjang jalan, kampung Mulyorejo Selatan Baru dihiasi dengan warna dominan merah putih. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 16 Agustus 2020.

Lampu lampion khas Negeri Cina pun digantung berderet bersama bendera dan umbul-umbul merah putih di setiap rumah. Semua serba mencolok dan sedap dipandang mata. Kampung ini mereka beri nama sebagai kampung Wuhan.

Sebagai simbol semangat bagi warga, saat perayaan 17 Agustus, untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Seperti diketahui, Wuhan adalah Ibu Kota Provinsi Hubei, Cina pertama kali wabah teridentifikasi di tempat ini. Pada April lalu penduduk Wuhan telah berangsur bangkit.

“Mungkin untuk kreasi warga ini lebih memberi semangat baru. Temanya, cegah covid dengan berkarya, kita mengusung kampung Wuhan, karena kampung kita ingin sembuh dari sakit dan bangkit dari perekonomian,” kata Achmad Arianto, Ketua RT.

“Saya menghias kampung, trus apa itu namanya mengadakan lomba-lomba, tapi sesuai dengan protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan terus memakai kayak face shield gini,” ungkap Ika Dwi Aprilia, Pengurus Karang Taruna di Surabaya, Jawa Timur.

Bagi warga yang rumahnya dinilai paling bagus dan indah sesuai dengan tema yang diusung, berhak meraih predikat juara dan menggondol hadiah sebesar Rp 1 juta, berupa sembako.