Sukses

6 Potret Patung Perjuangan dan Monumen Pahlawan di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Kota terbesar kedua setelah Jakarta ini menjadi saksi perjuangan pahlawan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Kenangan perjuangan terjadi sejak adanya pertempuran rakyat Surabaya melawan tentara Belanda dalam revolusi kemerdekaan Indonesia.  

Sebagai Kota Pahlawan, ibukota Jawa Timur ini memiliki beragam jenis patung dan monumen. Patung dan monumen tersebut dibangun sebagai media untuk mengenang peristiwa sejarah dimasa lalu.

Salah satu yang sangat terkenal adalah Tugu Pahlawan yang terletak di Jalan Pahlwan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya. Rupanya, tak hanya itu saja. Beberapa patung pahlawan juga tersebar di beberapa sudut kota Surabaya.

Berikut ini Liputan6.com rangkum, 6 potret patung perjuangan dan monumen pahlwan di Kota Surabaya yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/8/2020). 

2 dari 7 halaman

1. Terdapat patung Ir. Soekarno dan Moh Hatta ini dibangun di depan Tugu Pahlawan Surabaya.

3 dari 7 halaman

2. Inilah simbol ikonik Kota Surabaya yaitu Tugu Pahlawan, di mana lokasi ini dulu menjadi sasaran pertama pemboman pasukan Inggris.

4 dari 7 halaman

3. Monumen Wira Buana adalah simbol pertahanan arek-arek Surabaya di wilayah Wonokromo yang berada di titik terakhir sebelum keluar dari Surabaya.

5 dari 7 halaman

4. Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman yang ada di tengah-tengah taman memanjang dan membelah Jl. Yos Sudarso, Surabaya.

6 dari 7 halaman

5. Berkobarnya pertempuran 10 November 1945, di jalan Vasuki Rahmad ini terletak markas pertempuran arek Surabaya di waktu menghadapi penjajah yang kini dibangun Monumen Pertempuran 10 Nov 1945.

7 dari 7 halaman

6. Monumen Bambu Runcing juga menjadi simbol ikonik Surabaya yang berhubungan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.