Sukses

6 Wisata Telaga di Jawa Timur, Memesona Penuh Keasrian

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak wisata alam yang bisa ditemukan di Jawa Timur. Salah satu wisata alam yang patut dikunjungi adalah telaga. Telaga merupakan danau kecil yang bisa terbentuk secara alami atau buatan.

Di Jawa Timur ada beberapa telaga yang bisa dijadikan tujuan rekreasi. Wisata telaga di Jawa Timur menjadi salah satu destinasi menarik bagi warga sekitar. Wisata telaga di Jawa Timur ini memiliki panorama yang asri dan cantik. 

Mengunjungi wisata telaga bisa merilekskan pikiran dan mengusir penat. Berbagai aktivitas juga bisa dilakukan di telaga, seperti memancing, menaiki sampan, atau bersantai di pinggir telaga.

Berikut 6 wisata telaga di Jawa Timur, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(19/8/2020).

2 dari 7 halaman

Telaga Ngebel, Ponorogo

Telaga Ngebel merupakan danau kecil alami yang berada di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Telaga ini berada di kaki gunung Wilis. Telaga Ngebel merupakan salah satu andalan wisata yang dimiliki Kabupaten Ponorogo.

Telaga Ngebel memiliki nuansa asri dan sejuk ala pegunungan. Di telaga ini pengunjung bisa melalukan beragam aktivitas seperti kulineran, naik kuda, dan naik perahu. Di sini juga terdapat air terjun Toyomarto yang bisa dijadikan tempat untuk refreshing.

3 dari 7 halaman

Telaga Sarangan, Magetan

Telaga Sarangan merupakan wisata telaga andalan di Jawa Timur. Telaga Sarangan berada di lereng gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga dengan luas 30 hektare dan kedalaman 28 meter ini memiliki suhu yang sejuk.

Di sini pengunjung bisa bersantai menikmati udara pegunungan yang menenangkan. Fasilitas yang ditawarkan di telaga ini juga sudah sangat lengkap bagi wisatawan.

4 dari 7 halaman

Telaga Rambut Monte, Blitar

Telaga Rambut Monte berada di kawasan Candi Rambut Monte. Candi ini terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi Rambut Monte merupakan tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada zaman Kerajaan Majapahit.

Telaga Rambut Monte memiliki air super jernih dengan pohon rindang di sekelilingnya. Telaga Rambut Monte juga dihuni oleh ikan sengkaring yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Ikan ini oleh warga sekitar juga disebut dengan ikan dewa.

5 dari 7 halaman

Telaga Ngipik, Gresik

Telaga Ngipik berada di desa Ngipik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Telaga ini terbentuk akibat bekas tambang perusahaan semen di Gresik. Telaga Ngipik menjadi destinasi rekreasi bagi warga Gresik.

Di telaga ini, pengunjung bisa bersantai menaiki peroahu motor, mancing, atau berfoto dengan latar belakang pepohonan yang hijau.

6 dari 7 halaman

Telaga Buret, Tulungagung

Telaga Buret berlokasi di desa Sawo, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Telaga ini memiliki air berwarna biru toska yang segar. Di kawasan Telaga Buret, pengunjung juga akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan langka dan satwa penangkaran seperti rusa dan monyet ekor panjang.

Selain pesona alamnya yang indah, Telaga Buret juga dikenal dengan ritual Ulur-Ulur. Ritual ini merupakan bentuk rasa syukur warga yang diadakan setiap hari Jumat Legi bulan Selo.

7 dari 7 halaman

Telaga Kermata, Sumenep

Telaga Kermata merupakan danau yang berlokasi di desa Tanah Merah, Kecamatan Saronggi, Sumenep, Jawa Timur. Telaga ini memiliki air bening dan pepohonan hijau yang sejuk.

Di sini terdapat banyak spot foto yang bisa memanjakan pengunjung untuk berselfie. Fasilitas wisata di telaga ini juga cukup lengkap dengan adanya sepeda air, speed boat, perahu wisata, perahu karet, dan tempat-tempat bersantai.