Sukses

Gugus Tugas: Surabaya Kembali Masuk Zona Merah COVID-19

Selain Surabaya, daerah yang berstatus zona merah lainnya adalah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur kembali berstatus zona merah atau berisiko tinggi penularannya setelah sempat zona oranye atau berisiko sedang selama sembilan hari.

Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril membenarkan hal tersebut dan telah ditampilkan pada laman Satgas COVID-19 Pusat di http://covid19.go.id/peta-risiko

"Surabaya dari sebelumnya sempat zona oranye (jingga), sekarang kembali menjadi merah, maka otomatis Satgas COVID-19 Jatim juga mengikuti. Karena zona itu kewenangan pusat," ujar dia ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Rabu (19/8/2020).

Selain Surabaya, daerah yang berstatus zona merah lainnya adalah Kabupaten Sidoarjo.

Berdasarkan data, Rabu 19 Agustus 2020, Surabaya jumlah kasus baru mencapai 120 orang, sembuh 195 orang dan meninggal dunia enam orang.

Sedangkan, di Sidoarjo jumlah kasus baru mencapai 63 orang, sembuh 50 orang dan meninggal dunia enam orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan COVID-19 di Jawa Timur

Berikutnya, untuk daerah zona jingga atau daerah dengan risiko sedang penularan COVID-19 saat ini berjumlah 26 daerah, yakni Nganjuk, Bojonegoro, Kota Madiun, Bondowoso, Banyuwangi, Gresik, Kota Malang, Sumenep, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Blitar, Pacitan dan Lamongan.

Lalu, Kota Mojokerto, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Malang, Jember, Kota Pasuruan, Magetan, Ngawi, Kota Batu, Jombang, Tuban, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto serta Kota Blitar.

Kemudian, untuk zona kuning atau daerah dengan risiko rendah penularan COVID-19 terdapat 10 daerah, yaitu Bangkalan, Pamekasan, Kota Kediri, Trenggalek, Situbondo, Kabupaten Madiun, Sampang, Tulungagung, Ponorogo dan Lumajang.

Sementara itu, untuk situasi COVID-19 di Jawa Timur berdasarkan data nasional yakni hari ini per pukul 16.00 WIB, terkonfirmasi 335 kasus baru atau total kumulatif mencapai 28.886 kasus. Dari jumlah tersebut, konfirmasi dirawat sebanyak 4.732 orang atau 16,38 persen.

Terkait konfirmasi pasien sembuh atau terkonversi negatif dari COVID-19, hari ini tambahannya 444 kasus sehingga secara keseluruhan mencapai 20.076 orang atau 76,43 persen.

Lalu untuk pasien terkonfirmasi meninggal dunia pada hari ini sebanyak 19 orang, sehingga totalnya sampai sekarang sudah 2.074 orang atau 7,19 persen.

Dengan demikian, berdasarkan data dari Gugus Tugas Nasional tersebut, di Jatim belum ada satu pun daerah yang berstatus zona hijau atau tanpa kasus serta tidak terdampak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.