Sukses

Penumpang Bandara Juanda Meningkat 24 Persen saat Libur Panjang Hari Kemerdekaan

Pihak pengelola Bandara Juanda memperkirakan puncak kedatangan atau arus balik akan terjadi pada Minggu, 23 Agustus 2020

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penumpang penerbangan domestik di Bandar Udara Internasional Juanda (Bandara Juanda) meningkat 24 persen pada libur panjang Hari Kemerdekaan Indonesia jika dibandingkan pada saat libur Hari Raya Idul Adha.

Pada periode liburan kali ini tercatat jumlah penumpang dari 14 Agustus-19 Agustus telah mencapai 86.923 penumpang. Sedangkan pada libur Hari Raya Idul Adha 70.141 penumpang terhitung 28 Juli-2 Agustus.

"Sedangkan untuk pergerakan pesawat Bandara Juanda melayani sebanyak 982 penerbangan atau meningkat 21 persen dari periode libur sebelumnya sebanyak 814 penerbangan," ujar General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya (Bandara Juanda) Heru Prasetyo, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (22/8/2020).

Heru menambahkan, jumlah pergerakan penumpang tertinggi per hari pada periode libur kali ini mencapai 17.869 penumpang pada 15 Agustus dan pergerakan pesawat tertinggi mencapai 180 penerbangan pada 14 Agustus di Bandara Juanda.

"Puncak kepadatan keberangkatan dan kedatangan penumpang terjadi pada 15 Agustus yaitu sebanyak 9.806 penumpang yang berangkat dan 8.063 penumpang yang datang," ujar dia.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat yang berangkat cenderung stabil dengan jumlah 86 penerbangan keberangkatan dan puncak pergerakan pesawat yang datang terjadi pada 14 Agustus sebanyak 85 penerbangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arus Balik Diperkirakan 23 Agustus 2020

Pihak pengelola bandara memperkirakan puncak kedatangan atau arus balik akan terjadi pada Minggu, 23 Agustus 2020 mengingat 21 Agustus menjadi hari libur cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah. Heru mengharapkan, semoga jumlah penumpang terus bertambah seiringnya waktu.

"Dengan terus bertambahnya jumlah penumpang kami juga terus memantau implementasi di lapangan terkait protokol kesehatan saat akan terbang atau datang sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jasa," kata dia.

Ia menuturkan,  adapun protokol kesehatan yang telah dilakukan, di antaranya pemeriksaan suhu tubuh penumpang dan petugas bandara, penyediaan cairan pembersih tangan, pengaturan pembatasan tempat duduk di ruang tunggu, pemasangan tanda batas untuk  jaga jarak fisik, wajib menggunakan masker dan lain sebagainya.

3 dari 3 halaman

Perluasan Terminal 1

Di sisi lain, Bandar Udara Internasional Juanda tetap melanjutkan pekerjaan perluasan dan beautifikasi Terminal 1 (T1) di tengah pandemi ini.

Untuk pekerjaan perluasan dan beautifikasi T1 terus berjalan dan diperkirakan akan selesai pada awal November 2020. Perkembangan pekerjaan perluasan T1 hingga Agustus ini telah mencapai 96 persen.

"Artinya saat ini kami tinggal melakukan beberapa finishing sebelum akhinya dapat digunakan. Semoga nantinya dengan bertambahnya luasan T1 dan interior baru dapat meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa Bandara Juanda," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.