Sukses

Kata Dokter Soal Riwayat Medis Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin Sebelum Tutup Usia

Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin meninggal dunia sekitar pukul 15.30 WIB dan sebelumnya sempat dirawat di RSUD Kabupaten Sidoarjo.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur Atok Irawan menjelaskan riwayat medis Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin sebelum meninggal. Plt Bupati Sidoarjo itu meninggal diduga positif terpapar virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19.

"Setelah melihat gejala dan juga keluhan beliau (Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad) diduga memang terpapar COVID-19," kata dia , Sabtu, 22 Agustus 2020.

Ia menceritakan, pada Rabu, 19 Agustus 2020 sekitar pukul 14.00 WIB almarhum sempat meminta untuk difoto torak karena mengeluh batuk, panas dan sesak nafas.

"Kemudian dari hasil foto torak tersebut ada pneumonia di sebelah kiri. Selanjutnya saya menyarankan kepada beliau untuk rawat inap masuk rumah sakit," katanya, dilansir dari Antara.

Akan tetapi, kata dia, beliau bilang kalau ada rapat paripurna dengan DPRD dan meminta supaya rawat jalan dan diberikan obat.

"Kemudian saya sebagai spesialis paru mengasih obat antibiotik double juga obat batuk," kata dia.

Kemudian, pada Kamis dan Jumat libur, ia menghubungi via WhatsApp ke almarhum untuk menanyakan kondisi. Namun, almarhum tidak menjawab.

"Baru tadi pukul 08.30 WIB saya dihubungi kalau beliau mau opname di rumah sakit. Akhirnya jam 09.00 WIB kami jemput di rumah dinas menuju ke rumah sakit," katanya di Sidoarjo.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meninggal Setelah Dirawat

Dari situ, diduga beliau memang terindikasi positif terpapar COVID-19.

"Kemudian dokter anastesi, paru, dan jantung melakukan tindakan karena selama dua hari sudah tidak mau makan. Bahkan siang tadi beliau sempat turun ambil wudhu ingin Shalat Dhuhur dan sore tadi meninggalkan kita semua," katanya.

Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin meninggal dunia sekitar pukul 15.30 WIB dan sebelumnya sempat dirawat di RSUD Kabupaten Sidoarjo.

Ucapan belasungkawa juga berseliweran di sejumlah grup WhatsApp dan juga sejumlah media sosial yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Cak Nur resmi menduduki menjabat sebagai Plt Bupati Sidoarjo pada Selasa, 14 Januari 2020 setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pelantikan dilaksanakan di gedung Negara Grahadi Surabaya. Cak Nur menjadi Plt Bupati Sidoarjo setelah bupati sebelumnya Saiful Ilah yang terjerat kasus korupsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.