Sukses

Mahasiswa Unusa Surabaya Bikin Tas Anti Kotor

Inovasi yang digarap mahasiswa Unusa ini untuk meringankan beban masyarakat yang kesulitan saat berkendara.

Liputan6.com, Surabaya - Tiga Mahasiswa program Studi (Prodi) D-4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat hole bag atau tas Sanko (Stylish dan Anti Kotor).

Tiga mahasiswa tersebut yaitu Nadhifa Setyo Ayu Mustikaning Hapsari, Thea Aisyah Safitri, dan Maya Nurahmadiana Syarifah. Tas Sanko yang dibuat ketiga mahasiswa ini lulus Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tingkat nasional.

Inovasi ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat yang kesulitan saat berkendara. Selain itu, tas akan mudah kotor lantaran terkena alas kaki jika menggunakan sepeda motor matic.

"Selain itu bahan tas ini sangat ringan serta stylish jika digunakan untuk remaja yang hendak keluar jalan-jalan ke mal," ucap salah satu tim, Nadhifa Setyo Ayu Mustikaning Hapsari, Senin (24/8/2020). 

Dengan menggunakan kain kanvas membuat tas Sanko ini akan terasa lebih ringan. Selain itu alas tas menggunakan alas sol sepatu membuat tas tidak mudah kotor.

"Kami juga akan terus menginovasi tas ini agar lebih nyaman saat membawa barang yang berat," ucap Nadhifa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Dikembangkan

Nadhifa menuturkan, ide membuat tas ini lantaran seringnya tas kanvas yang sering digunakan mudah kotor saat menaruh tas di sepeda motor matic yang digunakan.

"Melihat bahan dari sol sepatu juga ringan jadi tidak mengubah berat tas tersebut," kata dia.

Nadhifa mengatakan, tas ini akan  dikembangkan agar lebih trendy saat digunakan remaja saat berjalan jalan ke mall atau lainnya.

"Tas ini beluk ada di pasaran jadi kami akan mencoba untuk terus mengembangkan inovasi tas ini akan dapat digunakan sehari hari oleh remaja maupun masyarakat luas," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.