Sukses

Pasar Induk Osowilangun Surabaya Kembali Bergairah Usai 4 Pedagang Dinyatakan Negatif COVID-19

Kini, para pedagang, pengunjung maupun pemasok komoditi di Pasar Induk Osowilangun Surabaya kembali beraktivitas secara normal.

Liputan6.com, Surabaya - Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) kembali ramai beroperasi setelah hasil rapid test (tes cepat) dan swab (tes usap) yang dilakukan terhadap pedagang dan pengunjung dinyatakan negatif dari persebaran COVID-19. 

Kini, para pedagang, pengunjung maupun pemasok komoditi di PIOS kembali beraktivitas secara normal. Kepala pembina PIOS, Saridjo mengatakan, pascadilakukan tes cepat COVID-19, aktivitas pasar induk yang berada di Kecamatan Benowo Surabaya, Jawa Timur menurun.

Terutama tiga hari setelah digelar tes cepat massal bagi pedagang dan pengunjung PIOS yang digelar oleh Satgas Covid-19 Pemkot Surabaya pada 4 Agustus 2020.

"Habis ada rapid test massal, pasar sempat sepi selama tiga hari. Namun setelah itu kondisi berangsur normal. Hal ini wajar, pasar lain juga mengalaminya. Setelah rapid test massal kondisinya juga sepi, tapi setelah itu kembali ramai," kata Saridjo, Rabu (26/8/2020).

Ia menuturkan, PIOS kembali pulih setelah 4 pedagang dan 9 pengunjung PIOS yang di tes usap hasilnya dinyatakan negatif, Sabtu, 8 Agustus 2020. Kondisi Pasar Induk Osowilangun Surabaya yang ramai kini membuat pedagang kembali bergairah dan bersemangat. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menerapkan Protokol Kesehatan dengan Ketat

Para pelanggan kembali datang ke PIOS untuk berbelanja berbagai macam komoditas segar dan berkualitas karena pasokan komoditi dikirim langsung dari petani.

"Setelah ada kabar bahwa hasil swab pedagang dan pengunjung negatif, pasar kembali normal. Bahkan seminggu terakhir pasar sangat ramai," terang Suwarno, pedagang cabai yang mangkal di Blok F PIOS.

Sementara Mulyadi Adit salah seorang pelanggan tetap PIOS juga mengaku lebih tenang saat berbelanja karena di PIOS penegakan protokol kesehatan di PIOS sangat ketat.

"Sebelum masuk PIOS, di pos jaga sudah di cek masker dan suhu tubuh. Setelah dapat tiket masuk, kami diarahkan petugas ke area wastafel untuk wajib cuci tangan. Di area lapak juga tersedia sarung plastik dan hand sanitizer gratis yang disediakan manajemen PIOS. Jadi ya aman dan nyaman," kata Mulyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.