VIDEO: Mencicipi Nikmatnya Belut Elek khas Surabaya

VIDEO: Mencicipi Nikmatnya Belut Elek khas Surabaya

Anda pecinta kuliner belut, tak ada salahnya mencoba masakan pecak belut yang satu ini. Di warung makan yang menyediakan spesial belut Surabaya, sajian belut elek sambal bawang, menjadi menu favorit pelanggannya.

Olahan daging belut yang lembut, dipadu pedasnya sambal bawang terasa nikmat di mulut, dan dijamin bisa membuat lidah tak berhenti bergoyang. Penasaran ?.....Berikut video liputannya pada Fokus, 26 Agustus 2020.

Inilah warung Spesialis Belut Surabaya yang menjadi legenda kuliner belut di Kota Pahlawan. Sesuai namanya, warung ini menyediakan aneka hidangan olahan belut, di antaranya belut kering, belut saos inggris, dan menu andalannya yakni belut elek, atau belut jelek.

Jangan salah, meski dinamai belut elek, tapi rasanya sangat nikmat dan banyak dipesan oleh pecinta kuliner belut.

Cara pengolahan daging belut di sini sama seperti mengolah belut pada umumnya. Belut yang sudah mati, dagingnya dicuci bersih, dan dipotong-potong.

Bawang putih berukuran besar, sengaja hanya digeprek atau dihancurkan, dan digoreng bersama daging belut untuk menghilangkan bau amis pada daging belut, serta untuk menambah rasa gurih. Untuk sajian menu belut elek ini, daging belut hanya digoreng setengah matang saja.

Ini dia yang membedakan menu olahan belut di sini dengan di tempat lain, yakni sambalnya. Untuk membuat sambal belut elek, cabai rawit dan tomat yang sudah direbus, diberi tambahan garam, terasi, dan jelantah atau minyak sisa gorengan belut, lalu diuleg hingga halus.

Tak perlu menunggu lama, sambal belut pedas sudah jadi. Pelanggan kuliner belut di sini tak hanya dari Surabaya, tetapi banyak pula dari luar Kota Surabaya.

Harga satu porsi belut elek cukup terjangkau, yakni hanya Rp 28.000, sementara minuman herbal beras kencur Rp 8.000.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 28 August 2020, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights