Sukses

Risma: Bakal Ada Lima Akses Jalan Masuk Stadion GBT

Wali Kota Surabaya Risma mengecek perbaikan beberapa ruangan dan beberapa bagian yang terus dikebut di Stadion GBT.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) bersama rombongan mengecek perbaikan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Minggu, (30/8/2020).

Risma langsung mengecek perbaikan beberapa ruangan dan beberapa bagian yang terus dikebut. Risma juga terus memberikan berbagai arahan demi penyempurnaan perbaikan GBT itu.

Presiden UCLG ASPAC ini kemudian meninjau akses jalan ke GBT yang sampai saat ini terus dibangun. Di jalan berdebu dan di bawah terik matahari itu, Risma menjelaskan akan ada lima akses masuk ke GBT yang sampai saat ini terus dibangun.

Lima akses tersebut adalah dua akses jalan dari sisi barat yang selama ini sudah ada dan tiga akses lainnya dari sisi timur GBT. 

"Jadi, nanti ada lima akses masuk ke GBT. Dua yang sudah ada dan nanti di viaduk itu akan kita lebarkan 4 meter. Kemudian dari Tol Pelindo bisa turun ke sini dan dari Fly Over Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) yang nantinya juga akan dibantu oleh Kementerian PUPR, dan terakhir dari Simpang Susun Romokalisari," kata dia.  

Selain itu, Risma juga menuturkan, beberapa perbaikan di Stadion GBT. Berdasarkan permintaan FIFA, ke depan GBT tinggal ditambah lampu dan lift. Sebenarnya, selama ini sudah ada empat lift dan semuanya akan diganti baru.

"Kemudian nanti akan dibangun lift satu lagi, jadi nanti ada lima lift," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas

Dia menuturkan, salah satu lift itu akan digunakan untuk lift barang demi kebutuhan media penyiarannya. Bahkan, untuk kebutuhan media, FIFA juga meminta kepada Pemkot Surabaya untuk menyediakan 60 lahan parkir untuk motor, 8 parkir mobil dan 4 bus untuk pemain.

"Jadi, nanti akan terpisah antara pemain, media, dan penonton, sehingga gate 20 dan 21 harus kita bikin untuk pemain dan media, karena medianya cukup banyak," tegasnya.

Ia mengatakan, karena ada permintaan parkir khusus media dan pemain ini, semua landscapenya harus ditata kembali supaya media benar-benar ekslusif dan tidak bercampur dengan penonton. Bahkan, khusus media ini sudah dibuatkan jembatan penyeberangan khusus dicat merah.

"Jadi, kita buatkan baru khusus untuk media," ujarnya.  

Selain itu, Wali Kota Risma juga menjelaskan beberapa bangunan yang dulunya dibuat jual tiket di lantai 1, diubah fungsinya menjadi toilet karena di lantai 1 itu tidak ada toiletnya sama sekali. Bahkan, di bangunan tersebut juga diberi fasilitas untuk penyandang disabilitas, sehingga nanti akan mempermudah mereka.

"Selama ini tidak ada fasilitas untuk disabilitas dan toiletnya di lantai 1 juga tidak ada, makanya saya ubah untuk toilet. Kami juga sudah perbaiki semuanya toilet-toilet, baik untuk penonton, pemain dan toilet VIP. Kita bikin krannya otomatis," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.