Sukses

Pemkot Surabaya Bakal Evaluasi Bangunan di Sekitar Lokasi Kebakaran Kawasan Blauran

Wali Kota Risma mewakili Pemkot Surabaya mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh korban.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) akan menugaskan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) untuk mengevaluasi penggunaan bangunan di sekitar lokasi kebakaran di salah satu toko elektronik di Jalan Kranggan, Sawahan, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 30 Agustus 2020.

Evaluasi penggunaan bangunan di sekitar kebakaran di kawasan Pasar Blauran, Surabaya pada Senin, 31 Agustus 2020 dan akan dilakukan setelah toko-toko di jalan itu buka.

"Nanti kita akan evaluasi dan kita kontrol bangunan-bangunan yang lainnya," ujar dia.  

Wali Kota Risma mewakili Pemkot Surabaya mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh korban. Dia menuturkan, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan korban.

"Namun, karena kondisi medan yang membuat kami kesulitan, sehingga kami tidak mengetahui kalau ada korban dan ada penghuninya,” ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pemadaman Kebakaran

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran Surabaya Dedik Irianto menjelaskan proses penanganan pemadam kebakaran itu.

Dia menuturkan, begitu mendapatkan informasi dari Command Center 112 kalau ada kebakaran, pihaknya langsung berangkat dan dalam waktu 5 menit sudah tiba di lokasi beserta peralatan lengkapnya.

"Nah, ketika kami tiba di lokasi, asapnya memang sudah tebal. Akhirnya kami menjebol ruko di sebelahnya untuk mengurangi asap dan mencari titik apinya," kata Dedik.  

Setelah berhasil menjebol ruko di sampingnya itu, langkah pertama yang dilakukan adalah menyisir korban. Jadi, dengan kondisi asap yang tebal dan sulit keluar itu, pihaknya menggunakan peralatan lengkap untuk masuk ke dalam toko yang kebakaran dan demi menyisir korban.

"Saat penyisiran itu teman-teman sudah perhatikan betul hingga ke lantai 2 dan tidak ditemukan korban atau penghuni satu pun, karena sudah tidak ditemukan korban, akhirnya teman-teman saat itu fokus untuk melakukan pemadaman,” ujar dia.

Namun, setelah dilakukan pembasahan dan asapnya sudah tidak ada dan kondisinya sudah terang, ternyata pihaknya menemukan mayat yang tertindih sepeda motor. Setelah dilakukan pencarian lagi, ternyata masih ada korban lain dan ternyata korbannya 5 orang.

"Hampir semua jenazah itu ditemukan tidak sampai hangus, hanya kulitnya yang kayaknya melepuh, sehingga besar kemungkinan mereka menghirup asap dan kekurangan oksigen," imbuhnya.  

Oleh karena itu, ia juga memohon maaf dan menyampaikan bela sungkawa atas meninggalkan para korban. Menurut dia, proses pemadaman itu sudah sesuai dengan SOP kebakaran dan sudah menyisir korban dan ternyata tidak ditemukan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.