Sukses

7 Titik Wisata Taman Nasional Baluran, Eksotis dan Alami

Taman Nasional Baluran jadi destinasi alam yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta Baluran merupakan salah satu Taman Nasional di Indonesia yang punya sejuta pesona. Taman Nasional yang berada di Kabupaten Situbondo ini menawarkan berbagai titik menarik untuk menikmati alam.

Taman Nasional Baluran, terutama sangat terkenal dengan padang sabananya, Bekol dan Semiang yang eksotis bak sabana di Afrika. Ini membuat Sabana Bekol dijuluki sebagai Afrika-nya Jawa Timur.

Tak cuma sabana, beragam bentang alam juga bisa dinikmati di Taman Nasional ini. Mengunjungi Taman Nasional Baluran merupakan paket lengkap untuk menikmati alam. Di Taman Nasional ini, Anda bisa menyusuri hutan yang asri, pantai yang indah, dan sabana yang membentang luas.

Berikut 7 titik wisata Taman Nasional Baluran, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Hutan Evergreen

Di Taman Nasional Baluran, Anda bisa menikmati hijaunya Hutan Evergreen. Ketika memasuki Taman Nasional Baluran Anda akan disuguhi pemandangan serba hijau dari hutan ini.

Hutan Evergreen merupakan hutan yang teduh dengan rimbunan pohon di sepanjang jalan membentuk terowongan. Di hutan ini juga bisa dijumpai satwa liar mulai dar ayam hutan, kijang, hingga monyet.

3 dari 8 halaman

Padang Sabana Bekol

Setelah melewati hutan Evergreen, pengunjung akan disuguhi hamparan sabana luas yang eksotis. Sabana di Baluran mendominasi lokasi taman nasional ini. Ini menjadikan Sabana Baluran bak Afrika Pulai Jawa.

Di Sabana Bekol tumbuh hamparan rumput, pepohonan, dan beragam satwa liar yang hidup bebas. Bekol didominasi dengan tanaman Acacia nilotica yang akan menghijau saat musim hujan dan menguning saat musim kemarau.

4 dari 8 halaman

Manting dan Air Kacip

Di Manting dan Air Kacip Anda bisa menemukan sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Manting dan Air Kacip juga merupakan habitat asli macan tutul di Taman Wisata ini. Pengunjung yang menyambangi titik ini harus mematuhi aturan yang berlaku demi keamanan.

5 dari 8 halaman

Gua Jepang

Tak cuma wisata alam, di Taman Nasional Baluran, Anda juga bisa menemui wisata sejarah. Tak jauh dari pintu masuk Taman Nasional Baluran, terdapat sebuah gua peninggalan Jepang. Gua ini terletak tepat di depan Kantor Balai Taman Nasional Baluran.

Gua yang memiliki luas 12 meter ini dulunya digunakan untuk tempat persembunyian dan penyimpanan amunisi.

6 dari 8 halaman

Pantai Bama

Selain hutan dan sabana, Taman Nasional Baluran juga memiliki jajaran pantai yang indah. Pantai Bama merupakan titik destinasi andalan di Taman Nasional Baluran. Sebagai pantai yang berada di area konservasi, Bama menjadi habitat asli bagi sekawanan kera abu-abu ekor panjang dan burung langka endemik Jawa Timur.

Keunikan lain pantai Bama adalah sebagian lokasinya dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Di pantai ini pengunjung bisa melakukan snorkeling dan menikmati hijaunya hamparan mangrove di dermaga.

7 dari 8 halaman

Pantai Balanan

Pantai Balanan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih. Di sini terumbu karang akan sangat jelas terlihat karena air yang sangat jernih. Di sekeliling pantai Balanan banyak ditemukan pepohonan serta tebing yang berdiri kokoh.

8 dari 8 halaman

Pantai Bilik

Pantai Bilik atau Pantai Bilik Sijile merupakan destinasi yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Taman Nasional Baluran. Pantai Bilik merupakan pantai yang tidak memiliki ombak. Ini membuat pantai Bilik menjadi pantai yang tenang dan memukau.

Ombak yang terhalang secuil daratan, dan pemandangan matahari terbenam yang terhalang hutan mangrove Gunung Baluran, menjadikan Pantai Bilik lebih mirip danau ketimbang pantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini