Sukses

Begini Perkembangan Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 di Gresik

Sejak dibuka awal Juli lalu, jumlah pasien terkonfirmasi positif di GJS tidak pernah melebihi kapasitas 140 tempat tidur dan mayoritas pasien yang dirawat berhasil disembuhkan.

Liputan6.com, Surabaya- Perkembangan angka kesembuhan pasien Corona Covid-19 yang dikarantina di di Pondok Rehabilitasi dan Observasi di Stadion Gelora Joko Samudro (GJS) Gresik cukup baik dalam sebulan terakhir.

Sejak dibuka awal Juli lalu, jumlah pasien terkonfirmasi positif di GJS tidak pernah melebihi kapasitas 140 tempat tidur dan mayoritas pasien yang dirawat berhasil disembuhkan.

"Saat ini terdapat 89 pasien yang menghuni GJS, dan dari jumlah itu, 66 di antaranya sudah sembuh dan kembali ke rumah," ujar Syaifuddin Ghozali, juru bicara Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Gresik, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (3/9/2020).

Sebelumnya, Pemkab Gresik mengubah fungsi stadion sepak bola GJS menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Ketika itu, angka kasus positif sangat tinggi, sehingga membuat penuh ruangan rumah sakit.

Di dalam stadion, keberadaan ruangan isolasi dibagi beberapa zona dan terpisah sesuai kerawanan pasien, seperti zona merah, zona kuning dan zona hijau, termasuk jalur pasien dan tenaga kesehatan juga terpisah.

Stadion ini bisa merawat sebanyak 140 pasien Covid-19, dengan rincian 80 orang dirawat di zona merah, 40 orang di zona kuning, dan 20 orang di zona hijau.

Secara kumulatif, pasien konfirmasi positif Corona Covid-19 di Gresik tinggal menyisakan 398 pasien. Jumlah itu dari total 2.681 pasien positif. Artinya, angka angka kesembuhan di Gresik mencapai 78 persen.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.