Sukses

Enam Santri di Ponpes Banyuwangi Sembuh dari COVID-19

Total santri di pondok pesantren di Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah sembuh dari COVID-19 mencapai 10 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Enam orang santri di salah satu pondok pesantren di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dinyatakan sembuh dari COVID-19. Total santri sudah sembuh dari COVID-19 mencapai 10 orang.

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mencatat ada 12 orang pasien COVID-19 yang telah sembuh termasuk santri.

"Alhamdulillah, santri sembuh dari COVID-19 terus bertambah, hingga sekarang mencapai 10 orang santri. Angka ini akan terus bertambah seiring dengan masa isolasi santri yang sudah terpenuhi," tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr Widji Lestariono di Banyuwangi, seperti dikutip dari Antara, ditulis Jumat, (4/9/2020).

Ia optimistis angka santri sembuh akan terus bertambah banyak karena santri-santri di pondok pesantren itu memang tergolong orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan.

Selain itu, lanjutnya, usianya yang rata-rata masih muda sehingga daya tahan tubuhnya juga masih bagus atau fit. Jika masa isolasi selesai, nantinya diperiksa kondisinya baik dan tidak bergejala, dapat dinyatakan sembuh.

"Kami juga masih terus fokus pada penanganan di pondok pesantren yang dalam masa karantina ini," ujar dia.

Rio (sapaan akrabnya), juga melaporkan pada Kamis, 3 September 2020 pula ada penambahan 15 kasus baru, sembilan kasus di antaranya merupakan orang sebelumnya adalah pasien suspek yang hasil tes usapnya dinyatakan positif.

"Lalu ada enam karyawan yang bekerja di satu kantor. Mereka yang terpapar COVID-19 sudah melakukan isolasi, dan kontak erat mereka juga sudah kami lakukan penelusuran," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Perkembangan COVID-19

Hingga Kamis, 3 September 2020, jumlah pasien COVID-19 di Banyuwangi tercatat 830 orang, 103 pasien dinyatakan sembuh, 13 pasien meninggal dunia dan masih dalam perawatan 714 orang.

Rio kembali mengingatkan warga untuk terus patuh dan disiplin pada upaya pengendalian COVID-19, dengan memakai masker dan banyak cuci tangan serta menjaga jarak dengan orang lain.

"Terlepas dari klaster pondok pesantren, beberapa minggu terakhir ini terlihat peningkatan jumlah kasus COVID-19. Kondisi ini menjadi perhatian utama pemerintah," tutur dia.

Menurut Rio, kondisi ini menunjukkan upaya pengendalian penularan pandemi COVID-19 belum konsisten, dan bahkan ia menyebut pengendalian COVID-19 bukan hanya jadi tugas pemerintah, tapi juga masyarakat.

"Artinya kita belum sepenuhnya berhasil menekan dan mencegah penularan secara konsisten. Ini jadi tugas kita semua, bukan hanya pemerintah, tapi juga seluruh warga masyarakat agar betul-betul patuh menerapkan kedisiplinan, protokol kesehatan baik individu maupun masyarakat secara kolektif," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.