Sukses

Syarat Mutlak untuk Pendaki Gunung Arjuno-Welirang di Jatim

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Jatim akan kembali dibuka untuk pendaki mulai 5 September 2020. Kawasan itu sudah ditutup sejak pertengahan Januari 2020 karena kebakaran.

Pembukaan jalur pendakian Arjuno-Welirang tersebut hanya dilakukan pada dua titik, yakni pada jalur Lawang dan Sumber Brantas. Pos pendakian jalur Lawang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Sementara untuk pos pendakian Sumber Brantas, terletak di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumaji, Kota Batu, Jatim.

“Dibukanya kembali di tengah pandemi ada beberapa hal yang diatur untuk pendaki,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Ahmad Wahyudi, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (4/9/2020).

Beberapa hal yang diatur antara lain adalah pembatasan jumlah maksimum pendaki dalam kawasan yakni sebanyak 500 orang. Dalam kondisi normal, jumlah pendaki yang berada di dalam kawasan Arjuno-Welirang bisa mencapai 2.500 orang. Delain itu, pendakian dilakukan maksimal hanya dua malam, dan satu tenda dipergunakan untuk satu orang pendaki.

Untuk saat ini pendakian Gunung Arjuno-Welirang baru akan dibuka untuk pendaki dari dalam negeri.

"Sementara itu untuk pendaki mancanegara, masih ditutup," kata Wahyudi.

Bagi para pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Arjuno-Welirang di Jatim, harus melakukan pendaftaran online melalui laman resmi https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id dalam upaya untuk mengurangi interaksi antara pendaki dan petugas.