Sukses

13.000 Siswa di Surabaya Bakal Dapat Bantuan Beasiswa Pendidikan

Sejumlah perusahaan dan lembaga memberikan CSR beasiswa pendidikan bagi siswa dari keluarga masyarakat berpenghasilan rendah di Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) teken Memorandum of Understanding (MoU) terkait corporate social responsibility (CRS) beasiswa pendidikan bagi siswa dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) jenjang SMP dengan 36 perusahaan/lembaga pada Senin, 7 September 2020.

Risma mengapresiasi kepada seluruh perusahaan/lembaga yang telah peduli kepada pendidikan anak-anak.Apalagi, jumlah nominal yang terkumpul yakni Rp 4,36 miliar.

"Atas nama anak-anak, saya mengucapkan banyak terima kasih," kata Risma seusai acara yang berlangsung di Lobi Lantai 2 Balai Kota Surabaya, ditulis Selasa (8/9/2020).

Presiden UCLG Aspac ini juga mengungkapkan, pihaknya setiap bulan mengajak pegawai di Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk mengumpulkan uang yang dijadikan semacam zakat.

Ketika sudah terkumpul, uang ini yang digunakan untuk memberi bantuan kepada daerah lain yang terkena bencana alam. "Makanya, kenapa Surabaya selalu memberi bantuan cepat di setiap ada bencana," ujarnya.

Dari uang itu, kata Risma, terkadang juga digunakan untuk membiayai anak-anak yang putus sekolah. Namun begitu, saat ini uang itu digunakan membiayai penanganan COVID-19, terutama yang sedang isolasi mandiri.

"Biasanya kami menggunakan uang itu untuk membiayai mereka (siswa) atau kadang untuk untuk membantu daerah lain ketika ada bencana,” paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

13 Ribu Anak yang Terima Intervensi Bantuan

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Supomo mengatakan, berdasarkan data MBR yang tercatat, ada sekitar 13 ribu anak yang menerima intervensi bantuan berupa beasiswa itu. Mereka terdiri dari siswa keluarga MBR jenjang SMP.

"Jadi intervensi ini untuk anak-anak yang masuk ke SMP. Kemudian yang kedua melalui sekolah mitra warga. Jadi kalau dari mereka ada yang bersekolah di swasta mereka sudah tidak perlu bayar lagi,” kata Supomo.

Oleh karena itu, Supomo menyatakan, sekolah swasta yang menerima siswa dari mitra warga tidak perlu lagi khawatir. Sebab, Pemkot Surabaya telah menggandeng CSR untuk menanggung semua biaya para siswa itu sampai lulus. Apalagi, saat ini perlakuan sekolah swasta sama seperti di sekolah negeri gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

"Sampai lulus tiga tahun. Jadi tidak ada biaya uang gedung atau semacamnya. Tapi kalau untuk uang rekreasi sama seperti sekolah negeri mereka membayar sendiri," ujar dia. 

 

3 dari 3 halaman

Bantuan Perusahaan

PT SIER atau perusahan patungan antara pemerintah pusat dan daerah yang berada di Surabaya ini memberikan beasiswa sebanyak Rp 450 juta untuk siswa di Surabaya. Secara simbolis, bantuan tersebut diterima Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Senin, 7 September 2020.

Direktur Utama PT SIER, Fattah Hidayat menuturkan, bantuan Rp 450 juta itu rinciannya Rp 150 juta per tahun selama tiga tahun berturut-turut.

"Program Pemkot Surabaya ini sangat bagus dan harus didukung semua pihak. PT SIER ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan tersebut," ujarnya.

Fattah berharap, bantuan PT SIER bersama sejumlah perusahaan dan lembaga lainnya yang juga ikut memberikan bantuannya, bisa berguna dan bisa disalurkan dengan baik, serta tepat sasaran.

"Dalam tekanan pandemi Covid-19 ini, kita semua harus bergotong royong dan saling bantu. Sehingga program Bu Risma ini harus kita dukung agar kontinyu berlangsung tiap tahun dan semakin banyak yang ikut serta. PT SIER sendiri berkomitmen untuk terus mensupport hal ini," ujar Fattah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.