Sukses

Alfred Riedl Sempat Digadang Jadi Pelatih Persebaya Surabaya

Alfred Riedl adalah seorang pelatih sepakbola yang lahir pada 2 November 1949 di Wina, Austria.

Liputan6.com, Jakarta - Alfred Riedl urung menjadi pelatih klub sepak bola Persebaya Surabaya setelah klub berjuluk bajul ijo itu mengumumkan pembatalan tersebut melalui situs resminya pada September 2019.

Manajemen Persebaya menyatakan, Alfred harus menjalani tindakan medis untuk menyembuhkan penyakitnya.

Alfred Riedl telah menandatangani kontrak dengan Persebaya. Namun, sebelum terbang ke Indonesia, dirinya harus menjalani tes kesehatan untuk memastikan kondisinya sebelum melatih Persebaya.

Tak disangka, pelatih yang saat itu berusia 69 tahun itu harus batal lantaran alasan kesehatan, dia harus menjalani operasi baypas jantung.

"Saya harus mengabarkan tentang keadaan kesehatan sekarang. Saya telah memeriksakan diri di rumah sakit di Vienna, sekaligus membahas aktivitas saya ke depan. Ternyata, dalam dua pekan saya harus menjalani lagi operasi bypass," kata Rield.

Kabar buruk tersebut ia sampaikan setelah dirinya menjalani pemeriksaan kesehatan di Austria. Dirinya juga meminta maaf kepada para bonek lantaran tak bisa memberikan yang terbaik buat mereka.

"Ini kabar buruk buat saya, juga buat Persebaya. Tapi, kesehatan harus saya utamakan. Saya sangat sedih dan kecewa tidak bisa memberikan kabar lebih baik. Tolong sampaikan permohonan maaf saya kepada manajemen, media, dan seluruh suporter Persebaya. Semoga Anda semua bisa mengerti dan memahami," imbuhnya.

Alfred Riedl adalah seorang pelatih sepakbola yang lahir pada 2 November 1949 di Wina, Austria. Ia mengawali kariernya sebagai pemain sepakbola di klub lokal Austria bernama FK Austria.

Nama Alfred Riedl dikenal luas di Indonesia setelah mendapat kontrak untuk melatih Timnas Indonesia selama dua tahun. Kontrak dengan PSSI itu untuk melatih Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-23.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wafat di Usia 70 Tahun

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl tutup usia pada Selasa (8/9/2020) dini hari waktu Austria. Kabarnya wafatnya Alfred Riedl diwartakan sport.24 dan dikonfirmasi mantan asisten pelatih Timnas, Wolfgang Pikal.

"Alfred Riedl tutup usia kemarin malam di umur 70 tahun. RIP coach Alfred teman dan mentorku. Terima kasih untuk persahabatan, ilmu dan pengalaman yang kamu bagikan kepada saya," ujar Pikal lewat pesan singkat.

Alfred Riedl melatih Timnas Indonesia dalam tiga kesempatan berbeda. Riedl tercatat menukangi Timnas Indonesia dalam tiga periode berbeda yakni 2010-2011, 2013-2014, dan 2016-2017.

Selama menukangi Timnas Indonesia, Riedl pernah mencatatkan prestasi terbaik saat membawa tim Merah Putih finis sebagai runner up di Piala AFF 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.