Sukses

ITS Masuk Tiga Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi THE 2021

Manajer Senior Urusan World Class University (WCU) ITS, Rulli Pratiwi Setiawan menuturkan, total yang diperoleh ITS pada THE WUR 2021 adalah sebesar 19,20.

Liputan6.com, Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mencatatkan peringkat ketiga universitas terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2020. Pemeringkatan tersebut dilansir THE WUR 2020 pada 2 September 2020.

Manajer Senior Urusan World Class University (WCU) ITS, Rulli Pratiwi Setiawan menuturkan, total yang diperoleh ITS pada THE WUR 2021 adalah sebesar 19,20 dengan rincian 19,70 untuk teaching, 12,10 untuk research, 17,50 untuk citations, 38,20 untuk international outlook, dan 61,90 untuk industry income. 

Ada  lima aspek utama untuk kriteria penilaian oleh THE WUR 2021 antara lain teaching, research, citations, international outlook dan industry income.

"Masing-masing aspek memiliki bobot 30 persen kecuali international outlook sebesar 7,5 persen dan industry income dengan bobot 2,5 persen," ujar dia seperti dikutip dari laman ITS, ditulis Rabu (9/9/2020).

Rulli menuturkan, selain lima aspek utama, terdapat pula tiga aspek pendukung lainnya yang juga digunakan dalam penilaian THE WUR 20201. Aspek pertama merupakan reputation survey yang dilakukan Elsevier atas nama THE.

Survei ini menjaring responden dengan mengambil data penulis dari Scopus yang didistribusikan secara acak oleh Elsevier.

"Oleh karena itu, bagi penulis yang mendapatkan survei ini sangat dianjurkan untuk mengisinya," tutur dia.

Aspek yang kedua adalah submitted data berupa data publikasi yang dimasukkan dari 2019. Aspek terakhir adalah Scopus Data yang mencakup seluruh publikasi yang dilakukan selama kurun waktu enam tahun serta yang telah mendapatkan sitasi selama lima tahun.

Dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS ini menyampaikan, jika dibandingkan dengan THE WUR 2020, ITS masih berada di peringkat yang sama, yaitu peringkat 1001+ secara global dan peringkat tiga di tingkat nasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Peningkatan oleh ITS

Rulli menuturkan, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan oleh ITS. Seperti pada aspek teaching yang masih mendapatkan kenaikan 0,1 dan research dengan kenaikannya sebesar 1,0.

Oleh karena itu, kerja sama riset dan kolaborasi internasional yang dipimpin oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS menjadi salah satu bagian penting untuk meningkatkan aspek tersebut.

Selain itu, kerja sama industri serta jumlah mahasiswa doktor dan gelar doktor juga akan dilakukan peningkatan. Upaya lain yang juga dilakukan adalah dengan menambahkan jumlah dosen dan mahasiswa internasional melalui berbagai program internasionalisasi.

Untuk mahasiswa, tersedia beberapa program mulai dari full-degree program, internship, short program, hingga workshop. "Salah satu program andalan ITS yang banyak mendatangkan mahasiswa asing adalah CommTECH," pungkas Rulli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.