Sukses

7 Destinasi Wisata Keluarga di Banyuwangi yang Indah dan Menakjubkan

Destinasi wisata keluarga di Banyuwangi didominasi alam yang indah dan menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata keluarga di Banyuwangi didominasi alam yang indah dan menakjubkan. Apalagi, Banyuwangi saat ini menjelma menjadi salah satu destinasi wisata baru bertaraf internasional yang wajib untuk dikunjungi.

Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari wisata alam, pegunungan, air terjun, hingga pantainya selalu menggoda wisatawan untuk berkunjung.

Destinasi wisata keluarga di Banyuwangi juga tak kalah seru dan menarik. Berbagai destinasi terkenal seperti Taman Nasional Baluran, Pantai Plengkung, serta Pantai Pulau Merah bahkan sudah terkenal hingga ke kancah internasional. Liburan ke Banyuwangi bersama keluarga bisa menjadi pilihan yang sangat menyenangkan.

Berikut Liputan6.comr rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/9/2020) tentang destinasi wisata keluarga di Banyuwangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pantai Pulau Merah dan Pantai Sukamade

Pantai Pulau Merah

Destinasi wisata keluarga di Banyuwangi yang pertama adalah Pantai Pulau Merah. Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai.

Selain itu, perpaduan kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, tentu menjadi nilai tambah bagi tempat wisata di Banyuwangi ini. Ketika air laut surut, kamu bisa berjalan kaki menikmati pulau kecil yang berada di tengah pantai ini.

Pantai Sukamade

Selain Pantai Pulau Merah, destinasi wisata keluarga di Banyuwangi berupa pantai selanjutnya adalah Pantai Sukamade. Pantai dengan pemandangan yang indah ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang eksotis.

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, di Pantai Sukamade kamu juga bisa melihat berbagai jenis penyu, karena Pantai Sukamade merupakan habitat dan penangkaran penyu. Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana penyu-penyu tersebut bertelur atau melihat pelepasan anak penyu (tukik) menuju ke laut.

 

3 dari 4 halaman

Taman Nasional Baluran dan Agrowisata Tamansuruh

Taman Nasional Baluran

Destinasi wisata keluarga di Banyuwangi selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran. Jika kamu ingin merasakan panasnya padang savana seakan-akan berada di Afrika, kamu bisa mengunjungi Baluran yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Taman Nasional seluas 25.000 hektar ini menyajikan suasana seperti sedang berada di padang savana di Afrika. Padang rumput berwarna kekuning-kuningan dengan Gunung Baluran yang berdiri kokoh sebagai latar belakangnya.

Taman Nasional ini memiliki 444 jenis tumbuhan yang diantaranya adalah tumbuhan asli dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering, serta 155 spesies burung dan 26 jenis satwa di antaranya, kerbau liar, monyet, rusa, kijang, macan tutul, kancil, kucing bakau, dan banteng yang merupakan ikon dari tempat wisata di Banyuwangi ini. Taman Nasional ini mendapat julukan Africa Van Java lantaran suasana yang disuguhkan benar-benar seperti berada di Afrika.

Agrowisata Tamansuruh

Agrowisata Tamansuruh merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Banyuwangi yang tidak boleh kamu lewatkan. Di tempat ini, kamu bisa melihat hamparan bunga berwarna-warni yang tentunya sangat indah. Bahkan, kamu juga bisa belajar tentang tanaman holtikultura lainnya.

Letaknya yang berada di sekitar lereng Gunung Ijen, membuat Agrowisata Tamansuruh memiliki pemandangan dan suasana layaknya di pegunungan. Dari sini kamu bisa melihat panorama kota Banyuwangi dan selat Bali dari kejauhan.

4 dari 4 halaman

De Djawatan, Mangrove Bedul, dan Rumah Kurcaci Glenmore

De Djawatan

Hutan magis dengan pohon-pohon besar yang memiliki bentuk unik di film Alice in Wonderland juga bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata keluarga di Banyuwangi. Kini kamu nggak perlu pergi jauh-jauh ke Selandia Baru untuk merasakan sensasi seakan berada di film The Lord of The Rings atau Alice in Wonderland ini. Kamu hanya tinggal mengunjungi Hutan De Djawatan di Desa Benculuk, Kabupaten Banyuwangi.

De Djawatan merupakan hutan wisata dengan pohon-pohon raksasa setinggi lebih dari 10 meter, sehingga terkesan seperti pohon raksasa yang dapat bergerak kapan saja. Hutan milik Perhutani di Banyuwangi ini termasuk dalam kategori hutan kecil, karena hanya memiliki luas sekitar 3,8 hektar.

Tempat wisata alam di Banyuwangi ini, memiliki pohon Trembesi yang menjadi spot favorit wisatawan karena bentuknya yang unik. Ditambah lagi di beberapa pohon trembesi di bangun sebuah rumah pohon dan ayunan, jadi kamu bisa menikmati hijaunya hutan Trembesi ini dari atas rumah pohon. Bagi kamu yang hobi selfie, Jawatan adalah obyek wisata yang sangat cocok di mana seolah-olah seperti di hutan Alice In Wonderland.

Mangrove Bedul

Destinasi wisata keluarga di Banyuwangi berikutnya adalah Mangrove Bedul. Hutan Mangrove Bedul ini terletak di Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi dan masih termasuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan hutan mangrove yang masih alami dengan luas sekitar 2.300 hektar yang membentang sejauh 16 km. Mangrove Bedul ini disebut-sebut mirip dengan sungai Amazon di Brazil, bahkan dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia.

Bukan tanpa alasan, tempat wisata di Banyuwangi ini disebut mirip sungai Amazon lantaran Mangrove Bedul membentuk sebuah rawa air payau dengan panjang sekitar 18,8 km dan lebar sekitar 400 meter. Di kanan dan kiri rawa ini memiliki beragam jenis Mangrove atau Bakau yang tumbuh lebat dan subur.

Kamu tidak boleh melewatkan naik perahu mengelilingi rawa air payau ketika mengunjungi Mangrove Bedul, sambil melihat burung-burung beterbangan di sekitar hutan mangrove.

Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore bisa menjadi destinasi wisata keluarga di Banyuwangi yang menarik. Tempat wisata ini berada di area Glen Coffe & Resto yang berlokasi di kecamataan Glenmore, Banyuwangi.

Di tempat ini kamu bisa menemukan rumah-rumah mungil layaknya dalam film The Hobbit. Bahkan, kamu juga bisa menemukan beberapa spot foto yang instagramable yang antimainstream.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini