Sukses

PDIP Siapkan Proses Pergantian Armuji dari Anggota DPRD karena Ikut Pilkada

Bakal pasangan calon Eri-Cahyadi dan Armuji ditunjuk Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri maju kontestasi Pilkada Kota Surabaya pada 9 Desember 2020.

Liputan6.com, Jakarta - DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur (Jatim)menyiapkan proses pergantian antarwaktu (PAW) Armuji dari anggota DPRD provinsi setempat. Hal ini dilakukan setelah Armuji memutuskan maju kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Surabaya 2020.

"Sekarang ini kami siapkan semua. Sehingga saat surat pengunduran diri Armuji selesai maka sudah siap,” tutur Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, seperti dikutip dari Antara, Kamis (10/9/2020).

Armuji harus mundur sebagai wakil rakyat karena direkomendasi oleh DPP PDIP untuk mendampingi Eri Cahyadi dalam pemilihan kepala daerah Surabaya 2020. Pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 meraih suara tertinggi di daerah pemilihan I (Kota Surabaya).

Bakal pasangan calon Eri-Cahyadi dan Armuji ditunjuk Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri maju kontestasi Pilkada Kota Surabaya pada 9 Desember 2020.

PDIP pada Pemilu 2019 berhasil menempatkan tiga kadernya duduk mewakili dapil 1, yang rinciannya Armuji dengan raihan 136.308 suara, lalu Agatha Retnosari 67.339 suara dan Agustin Poliana 24.358 suara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Armuji Telah Serahkan PAW kepada Partai

Ia menuturkan, lantaran Armuji maju di Pilkada sehingga harus mundur dan sesuai aturan penggantinya adalah suara terbanyak keempat.

"Catatan kami, peraih suara terbanyak setelah Agustin Poliana adalah Yordan M Bataragoa," kata Sri Untari yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim tersebut.

Di internal partai, Yordan M Bataragoa adalah wakil sekretaris bidang eksternal.

Sementara itu, Armuji beberapa waktu lalu mengaku telah menyerahkan semuanya proses PAW kepada partai dan berharap penggantinya selalu siap menjalankan amanat dari rakyat.

"Aturannya seperti itu dan semua diurus partai. Sekarang saya dan Mas Eri siap berkontestasi di Pilkada Surabaya," tutur Cak Ji, sapaan akrabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.