VIDEO: Warga Tak Pakai Masker di Probolinggo Kena Sanksi Masuk Ambulans Berisi Peti

VIDEO: Warga Tak Pakai Masker di Probolinggo Kena Sanksi Masuk Ambulans Berisi Peti

Berbagai cara dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 untuk membuat pelanggar protokol kesehatan jera. Di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, warga yang kedapatan tidak memakai masker, dihukum masuk ke dalam mobil ambulans berisi peti jenazah.

Satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, gelar razia masker di sejumlah tempat yang berpotensi menjadi kerumunan warga, Selasa siang.

Seperti di Pasar Bayeman, Kecamatan Tongas. Warga yang kedapatan tidak memakai masker, langsung dihukum masuk ke dalam mobil ambulans berisi peti jenazah. Sambil duduk di pinggir jenazah, pelanggar dinasehati petugas agar menaati protokol kesehatan.

Hukuman masuk ke dalam mobil ambulans berisi jenazah, agar pelanggar tergugah hatinya, dan sadar jika COVID-19 dapat membunuh siapa saja.

Tidak semua pelanggar mau menuruti sanksi, ada seorang pelanggar kabur saat diminta masuk ke dalam mobil ambulans, berisi peti mati. Namun, banyak juga pelanggar yang walaupun terpaksa, menjalankan sanksi masuk ke ambulans.

Penerapan sanksi dengan memasukkan pelanggar protokol kesehatan ke dalam ambulans berisi peti jenazah sebelumnya dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo di Pasar Maron, Kecamatan Maron.

Di pasar ini, pelanggar yang tidak mengenakan masker, terlebih dahulu menjalani sanksi sosial yang berupa sit up beberapa kali. Setelah itu petugas menggiring pelanggar menuju mobil ambulans berisi peti jenazah.

Pemberian sanksi masuk ke dalam ambulans berisi peti jenazah dilakukan agar pelanggar tergugah hatinya dan sadar, jika COVID-19 ini dapat membunuh siapapun.

"Kita memberikan sanksi ini dalam menekan untuk efek jera, seperti tadi yang kita lakukan di Pasar Maron kita masukkan ke ambulans yang di dalamnya ada keranda, seakan-akan ada mayatnya, sehingga mereka diberikan kesempatan untuk berpikir, kenapa bahwa kalau ada keluarga kita yang meninggal atau kita sendiri, banyak orang sekitar kita yang sedih," ujar Koordinator Keamanan dan Gakum Satgas Covid-19, Ugas Irwanto.

Razia masker akan terus dilakukan Satgas, mengingat jumlah warga yang terpapar COVID-19 terus meningkat, sejak beberapa pekan ini di Kabupaten Probolinggo. Demikian seperti diberitakan pada Fokus, 9 September 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 September 2020, 17:56 WIB

Video Terkait

Spotlights