VIDEO: Guru Pemateri Minta Maaf Terkait Lambang Partai Muncul saat Sekolah Daring

VIDEO: Guru Pemateri Minta Maaf Terkait Lambang Partai Muncul saat Sekolah Daring

Lambang PDI Perjuangan (PDIP) ini muncul dalam materi pelajaran siswa kelas 1 Sekolah Dasar yang disampaikan Dinas Pendidikan Kota Surabaya bekerja sama dengan televisi lokal setempat.

Saat menyampaikan pelajaran, guru menjelaskan tentang sila-sila dalam Pancasila. Namun sila ke-4, lambang yang muncul bukan biasanya, melainkan simbol yang biasa melekat dengan PDIP.

Tayangan ini kemudian viral di media sosial. Atas kejadian tersebut Avita, guru pemberi materi mengakui ada kesalahan dalam pengunduhan lambang, sila ke-4 Pancasila. Untuk itu, dia meminta maaf kepada masyarakat atas kesalahan yang dilakukan.

"Melakukan kelalaian yang tanpa saya sengaja, benar-benar tanpa saya sengaja, saya memasukkan gambar yang tidak sesuai dengan materi yang seharusnya saya ajarkan, tidak ada unsur kesengajaan sama sekali, atau motif apapun dari saya, ini bener-bener ketidaksengajaan, kurangnya konsentrasi dari saya," ujar Avita, Guru Pemberi Materi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, juga memastikan jika tampilan dalam program belajar dari rumah tersebut, adalah murni human error, bukan kesengajaan.

"Ini lebih safety-nya, kami tidak melakukan siaran langsung, supaya kemudian tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini, karena kalau kemudian tidak secara langsung, kami bisa sebelum ditampilkan, kami bisa melakukan koreksi terhadap materi yang sudah direkam itu," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Supomo.

Atas kejadian tersebut, Dinas Pendidikan Kota Surabaya akan melakukan evaluasi dengan tidak lagi menyampaikan pelajaran secara langsung, tapi terlebih dulu direkam, agar bisa dikoreksi sebelum ditayangkan untuk para siswa. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 10 September 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 September 2020, 15:34 WIB

Video Terkait

Spotlights