VIDEO: Polisi di Surabaya Tangkap 46 Tersangka Kasus Narkoba, Sita Sabu 8,5 Kg

VIDEO: Polisi di Surabaya Tangkap 46 Tersangka Kasus Narkoba, Sita Sabu 8,5 Kg

Masa pandemi Covid-19 tak membuat polisi lengah terhadap pelaku kejahatan narkoba. Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menangkap 46 tersangka dengan barang bukti total 8,5 kilogram.

Sementara dalam dua pekan, Operasi Tumpas Semeru, Polres Jombang menangkap 17 pelaku narkoba dari 13 kasus. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 11 September 2020.

Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada 2 pekan terakhir mengungkap peredaran narkotika, dengan barang bukti 8,5 kilogram sabu-sabu, dan pil koplo 50 butir. Sebanyak 46 tersangka ditahan, adapun dua di antaranya adalah LF (19) dan HB (21).

Keduanya merupakan jaringan internasional Malaysia-Madura, dengan modus dikemas di dalam susu formula, dan dikirim melalui ekspedisi bongkar muat. Polisi masih mengembangkan kasus ini, untuk mengungkap jaringan pengedar narkoba di Lembaga Pemasyarakatan.

"Untuk peredaran ada di wilayah yaitu Surabaya, Madura dan sekitarnya, dan sementara masih kita kembangkan terkait para pihak yang terlibat," kata AKBP Ganis Setyaningrum, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sementara dalam dua pekan Operasi Tumpas Semeru yang digelar Satuan Reserse Narkoba Polres Jombang, polisi menangkap 17 pelaku narkoba dari 13 kasus.

Polisi juga menyita total barang bukti berupa 30 gram sabu-sabu, 5.000 butir pil koplo, dan sisa uang transaksi. Para tersangka mengaku nekat menjadi pengedar narkoba, karena faktor ekonomi dan pengaruh pergaulan.

"Kalau dari penyelidikan, ada yang ekonomi juga, ada yang sudah kecanduan dan sebagainya, berbagai macam faktorlah, tapi kita tetap melakukan penumpasan berkaitan dengan narkoba," terang AKBP Agung Setyo, Kapolres Jombang.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 13 September 2020, 13:00 WIB

Video Terkait

Spotlights