Sukses

Santri Sembuh Mengakhiri Masa Karantina Ponpes Banyuwangi

Sebanyak 80 santri di Banyuwangi dinyatakan sembuh dari Corona Covid-19 per Sabtu, 12 September 2020

Liputan6.com, Surabaya- Sebanyak 80 santri di Banyuwangi dinyatakan sembuh dari Corona Covid-19 per Sabtu, 12 September 2020. Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi mencatat sampai dengan saat ini terdapat 171 santri yang sudah sembuh.

Pada hari yang sama, juga dilaporkan penambahan 38 kasus baru Corona Covid-19 di Banyuwangi, sehingga total kasus mencapai 1.012 orang. Sementara, total pasien sembuh di wilayah itu sebanyak 291 orang.

Masa karantina Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi telah berakhir pada hari yang sama. Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi dan Kementerian Kesehatan akan membuka karantina ponpes usai menjalani karantina selama 14 hari.

"Dengan berakhirnya masa karantina malam ini, semua santri besok akan dinyatakan sembuh. Kecuali yang masih menujukkan gejala, akan kami tambah karantinanya lima hari ke depan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Widji Lestariono, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (12/9/2020).

Ia terus mengingatkan warga masih tingginya potensi penyebaran Covid-19 di sekitar. Selama tingga minggu terakhir penambahan kasus baru terus terjadi dari transmisi lokal yang berarti membutuhkan disiplin yang lebih tinggi dari semua pihak.

Rio mengemukakan adanya tenaga kesehatan yang terpapar virus corona di salah satu rumah sakit milik pemerintah, telah dilakukan penelusuran oleh satgas ke seluruh karyawan rumah sakit. Ia juga meminta kewaspadaan terhadap munculnya klaster kantor.

"Seperti hari ini kami umumkan adanya sejumlah ASN yang terpapar virus corona dan mereka rekan kerja satu kantor. Ini menjadi peringatan buat kita semua bahwa meski teman sekantor tetap harus waspada. Jangan remehkan," tuturnya.

Ia menegaskan siapa pun saat ini harus menerapkan protokol kesehatan karena kasus Covid-19 di Banyuwangi terus naik.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.