Sukses

VIDEO: Gudang Mebel dan Rumah di Pasuruan Terbakar, Diduga Akibat Korsleting

Liputan6.com, Jakarta - Diduga korsleting listrik, dua rumah dan dua gudang mebel di Kota Pasuruan, Jawa Timur, Minggu dini hari ludes terbakar.

Kencangnya angin, dan banyaknya bahan yang mudah terbakar, membuat api cepat membesar, dan sulit dipadamkan. Api baru dapat dipadamkan 3 jam kemudian, setelah empat unit mobil Pemadam Kebakaran diterjunkan.

Dua rumah, dan dua gudang mebel yang saling bersebelahan, masing-masing milik Hadi Sutikno dan Soleh, di Kelurahan Sebani, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Minggu dini hari, ludes terbakar.

Sebuah video amatir, sempat merekam saat api mulai membesar dan tak terkendali. Kencangnya angin, dan banyaknya bahan mudah terbakar, seperti bahan spon, kursi, dan lemari di dalam gudang mebel, membuat api cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Api kemudian menjalar ke dua rumah, dan gudang lainnya yang bersebelahan. Beruntung, pemilik rumah bersama anggota keluarganya, berhasil menyelamatkan diri dari kobaran api. Menurut warga, Ahmad Nasta’in, api diduga muncul pertama kali dari gudang mebel.

"Yang terbakar ini gudang busaan, terbakar dua gudang, dua rumah," kata Ahmad Nasta’in, Warga Gadingrejo Pasuruan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa  ini. Namun akibat kebakaran, dua pemilik rumah, dan gudang mebel mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Dugaan sementara, karena hubungan pendek listrik di gudang.

"Diduga masih belum pasti, tapi kemungkinan korsleting listrik, yang terbakar ini dua gudang dan dua rumah, ini untuk PMK dari kota 3 unit, dan dibantu oleh satu PMK kabupaten," ujar Catur Aldoko, Petugas BPBD Kota Pasuruan.

Api baru dapat dipadamkan 3 jam kemudian, setelah empat unit mobil Pemadam Kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Polisi tengah melakukan penyelidikan, untuk mengetahui sebab pasti kebakaran. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 14 September 2020.