Sukses

Jelang Akhir Jabatan Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Gus Ipul Pamit ke Gubernur Khofifah

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berpamitan ke Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjelang masa jabatannya berakhir pada Desember 2020.

“Ibu Gubernur adalah Ketua Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Jatim. Bersama ini saya pamit karena tidak lama lagi jabatan saya sebagai Ka Kwarda berakhir,” ujar Gus Ipul di sela pembukaan kegiatan "East Java Green Scout Inovation 2020" di halaman Hotel Singgasana Surabaya, Selasa sore, 15 September 2020.

Gus Ipul menjabat sebagai orang nomor satu di Gerakan Pramuka Jatim sejak 2010 atau memimpin selama dua periode. Diprediksi, pengganti Gus Ipul sebagai Ka Kwarda Jatim adalah Arum Sabil, seorang pengusaha sekaligus tokoh asal Jember, dilansir dari Antara.

Di hadapan Khofifah, mantan Wagub Jatim dua periode tersebut juga berkomitmen untuk tetap membantu, mendukung sekaligus bersama-sama membangun provinsi.

“Meski jabatan berakhir di Pramuka, tapi saya tetap siap membantu dan mendukung program Ibu Gubernur selaku Kamabida,” ucap Gus Ipul.

Pada kesempatan tersebut, Gus Ipul juga menyampaikan sejumlah program yang telah dilakukan, seperti turut berperan dalam pembangunan rumah tidak layak huni, “kampung kelir” hingga terlibat edukasi maupun pencegahan penularan COVID-19.

 

2 dari 3 halaman

Apresiasi dari Khofifah

Sementara itu, Gubernur Khofifah selaku Kamabida Pramuka Jatim mengapresiasi program Kwarda selama ini dan berharap manfaatnya dapat dirasakan banyak pihak.

“Pramuka selama ini telah mendedikasikan inovasi dan banyak kreativitas. Ini harus dijaga, sebab tidak bisa kalau kita mau maju, tapi tidak ada inovasi maupun kreativitas,” katanya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut menilai kegiatan “East Java Green Scout Inovation 2020” sebagai tantangan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Ini adalah bagian dari upaya menjaga lingkungan hidup dan merupakan kebutuhan. Selamat berkegiatan dan jangan pernah berhenti bantu juga edukasi ke masyarakat tentang protokol kesehatan,” tutur Khofifah.

Pada pembukaan tersebut, penyanyi Judika yang didaulat sebagai bintang tamu menyapa dan membawakan beberapa lagu secara virtual dan membuat Gus Ipul, Khofifah, hingga peserta kegiatan sempat bernyanyi bersama.

Beberapa lagu yang dibawakan oleh Judika, seperti “Kebyar-Kebyar”, “Sampai Kau Jadi Milikku”, “Aku Yang Tersakiti”, “Mama Papa Larang”, “Putus atau Terus”, “Terajana”, “Cinta Karena Cinta” dan “Separuh Nafas”.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini