Sukses

VIDEO: Ribuan Prajurit TNI AL Gelar Latihan Operasi Gabungan di Perairan Jawa

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan prajurit TNI AL Koarmada II menggelar Latihan Operasi Laut Gabungan tahun 2020 di perairan Laut Jawa dan Selat Bali.

Latihan tempur tersebut, bagian dari Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab), yang melibatkan sejumlah armada perang milik TNI AL, serta dua unit pesawat tempur F-16 milik TNI AU. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 14 September 2020.

Pertempuran sengit ini terjadi di perairan Laut Jawa dan Selat Bali. Kontak senjata terjadi antara TNI AL, dengan kapal asing yang berusaha menyusup masuk wilayah perairan Indonesia. Pertempuran terjadi di permukaan laut, dimana TNI AL dibantu dua unit pesawat tempur F-16 milik TNI AU, serta pertempuran di bawah laut, melibatkan dua kapal selam milik TNI AL. 

Dengan kerja sama yang baik dalam satu komando, tim gabungan akhirnya berhasil mencegah dan melumpuhkan musuh, yang masuk melalui wilayah laut dan hendak menguasai NKRI.

Adegan pertempuran ini merupakan Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) TNI AL yang digelar di perairan Laut Jawa dan Selat Bali.

Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, mengatakan, latihan gabungan digelar dalam bentuk peperangan antara kapal selam, kapal permukaan, serta kerja sama taktis antara kapal permukaan, kapal selam, dan pesawat udara. Dalam rangka mendukung tugas pokok Kogab TNI.

"Di kapal selam, kita menggunakan KRI Nanggala dan Nagapasa, sehingga kita coba komunikasi bawah air antar kedua unsur ini bisa terjalin atau tidak," ujar Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, Pangkoarmada II.

Latopslagab 2020 dengan sandi Bondoyudo ini melibatkan 1.137 prajurit TNI AL Koarmada II, melibatkan 22 unsur laut, dan udara di antaranya, dua unit kapal selam, sejumlah kapal permukaan, dan tiga unit pesawat udara milik TNI AL