Sukses

7 Teluk Indah di Jawa Timur, Jadi Destinasi Menarik Melepas Penat

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur memiliki jajaran pantai indah dengan ragam pesonanya. Selain pantai, Jawa Timur juga punya banyak teluk indah yang bisa jadi destinasi menarik. Teluk merupakan bagian perairan yang menjorok ke daratan.

Ada banyak teluk yang bisa ditemukan di sepanjang garis pantai di Jawa Timur. Teluk-teluk ini punya pesona yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Teluk juga kerap jadi lokasi snorkeling dan menyelam favorit. 

Teluk-teluk di Jawa Timur ini bisa jadi pilihan melepas penat dan menikmati keindahan alam Jawa Timur. Berikut 7 teluk indah di Jawa Timur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(16/09/2020)

2 dari 8 halaman

Teluk Hijau, Banyuwangi

Teluk Hijau merupakan salah satu titik wisata yang bisa ditemukan di Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi. Teluk ini memiliki air laut berwarna hijau dengan pantai pasir putih yang bersih.

Tak jauh dari Teluk Hijau, kamu bisa menemukan air terjun kecil dengan ketinggian 8 meter. Keindahan pantai yang masih sangat alami di Teluk Hijau bisa memberi ketenangan dan kesegaran.

Untuk mencapai pantai ini dari Banyuwangi, cukup mengikuti petunjuk arah menuju Pesanggaran-Sarongan-Sukamade yang masih merupakan salah satu jalur jalur menuju pantai Sukamade Taman Nasional Meru Betiri.

3 dari 8 halaman

Teluk Banyubiru, Banyuwangi

Selain Teluk Hijau, di Banyuwangi kamu juga bisa menemukan teluk Banyubiru. Teluk ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Teluk ini terkenal akan keindahan bawah lautnya yang eksotis. Di teluk ini terdapat berbagai macam biota laut yang begitu memanjakan mata.

Di sini pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas air mulai dari menyelam, snorkeling, berenang, ski air, hingga memancing. Tebing-tebing cadas yang mengelilingi teluk sangat eksotis. Pantai di teluk ini juga terbilang bersih dengan hamparan pasir putih yang indah.

Teluk Banyubiru bisa diakses melalui jalur laut. Pengunjung bisa menyewa perahu dari pelabuhan Muncar dengan biaya sekitar Rp 300 sampai 500 ribu.

4 dari 8 halaman

Teluk Pacitan, Pacitan

Teluk Pacitan berlokasi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Teluk ini membentuk cekungan besar yang indah. Di sepanjang teluk ini terdapat jajaran pantai pasir putih yang masih sangat asri.

Di sisi barat teluk terdapat pantai Tamperan. Di sisi utara terdapat Pantai Teleng Ria yang jadi destinasi favorit wisatawan. Sementara di sisi timur terdapat pantai Pancer. Teluk Pacitan bisa diakses dengan kendaraan pribadi.

5 dari 8 halaman

Teluk Popoh, Tulungagung

Teluk Popoh merupakan teluk yang berada pesisir Samudra Hindia di Tulungagung, Jawa Timur. Teluk ini terkenal dengan pantainya yang indah. Pantai Popoh menjadi andalan wisata di Tulungagung.

Akses menuju pantai popoh dapat ditempuh dengan aman dan nyaman melalui jalan aspal. Airnya yang cukup tenang dan angin laut yang tidak begitu kencang, menjadikan teluk ini destinasi favorit warga sekitar.

6 dari 8 halaman

Teluk Kletekan, Malang

Teluk Kletekan berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Di sepanjang teluk ini terdapat destinasi menarik seperti air terjun Banyu Anjlok dan Pantai Lenggoksono.

Teluk ini juga terkenal akan keindahan bawah lautnya. Di sini pengunjung bisa melakukan snorkeling dan penyelaman untuk menikmati keindahan biota laut.

7 dari 8 halaman

Teluk Prigi, Trenggalek

Teluk Prigi berada di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Di teluk ini terdapat pantai Prigi yang jadi andalan wisata di Trenggalek. Pantai Prigi memiliki ombak yang cukup tenang meski berada di pantai selatan.

Di Teluk Prigi, kamu bisa menikmati indahnya pantai, menikmati panorama dari tengah laut, hingga bersantai di pinggir pantai. Akses menuju Teluk Prigi juga mudah dijangkau dari Pusat Trenggalek.

8 dari 8 halaman

Teluk Bandealit, Jember

Teluk Bandealit berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Jember. Teluk ini terkenal dengan Pantai Bandealitnya yang masih asri dan penuh misteri. Pantai Bandealit terkenal dengan misteri manusia kerdil yang dipercaya mendiami lokasi ini.

Teluk Bandealit masih cukup jarang dikunjungi wisatawan. Ini membuat teluk ini masih terasa sangat asri dan alami. Pengunjung bahkan bisa berkemah di sekitar pantai atau bermalam di penginapan yang sudah disediakan pengelola taman wisata.