Sukses

VIDEO: Apa Saja Tuntutan Demo Ribuan Ojek Online di Surabaya ?

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar ribuan pengendara ojek online atau daring yang tergabung dalam Front Driver Online Tolak Aplikator Nakal (Frontal) Selasa pagi, menggelar aksi unjuk rasa di protokol jalan kota di Surabaya, Jawa Timur.

Mereka menuntut adanya evaluasi potongan 20 persen, dari pihak aplikator tiap order, dan menuntut adanya jaring pengaman sosial dari pemerintah.

Ribuan ojek online yang tergabung dalam Front Driver Online Tolak Aplikator Nakal atau Frontal, menggelar aksi unjuk rasa. Ojek online dari berbagai kota di Jawa Timur ini, berkonvoi menyuarakan tuntutan mereka, di sejumlah jalan protokol Kota Surabaya, seperti Jalan Ahmad Yani, Raya Darmo, Jalan Pahlawan, serta Jalan Gubernur Suryo. 

Dalam aksinya massa ojek online mengajukan dua tuntutan. Pertama menuntut pihak aplikator mengevaluasi potongan 20 persen tiap order. Kedua, mereka menuntut ada jaring pengaman sosial dari pihak pemerintah. Humas Frontal, David Walalangi berharap aksi mereka menjadi perhatian pihak aplikator dan pemerintah. Karena di masa pandemi Covid-19, penghasilan para ojek online merosot tajam.

Aksi turun ke jalan ojek online ini berjalan tertib, dengan penjagaan ketat aparat Polrestabes Surabaya. Namun mereka mengancam akan kembali menggelar aksi, jika tuntutan mereka tidak dikabulkan. Demikian video pemberitaannya pada Liputan6, 16 September 2020.