Sukses

Cegah Penyebaran COVID-19, Lapas Surabaya Gelar Tes PCR bagi Napi

Kabid Pembinaan Lapas Kelas I Surabaya Hero Sulistiyono menuturkan, kegiatan tes usap PCR COVID-19 yang dipusatkan di halaman klinik lapas akan dilakukan secara bertahap.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan lembaga pemasyarakatan (lapas), Lapas Kelas I Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur menggandeng RSUD dr Soetomo Surabaya menggelar tes usap PCR COVID-19 kepada 200 orang yang merupakan pegawai dan warga binaan pemasyarakatan.

Kabid Pembinaan Lapas Kelas I Surabaya Hero Sulistiyono menuturkan, kegiatan yang dipusatkan di halaman klinik lapas akan dilakukan secara bertahap.

"Pada kesempatan kali ini, ada 200 orang peserta masing-masing 35 orang adalah petugas dan 165 orang WBP Lapas Surabaya," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Jumat (18/9/2020).

Hero menuturkan, kegiatan ini sebagai upaya deteksi dini dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 di Lapas Surabaya.

Dia menuturkan, meski sempat ada beberapa pegawai dan WBP yang positif dan dinyatakan sembuh, pihaknya tetap melakukan langkah-langkah deteksi dini secara berkala.

"Karena kami tidak tahu dan siapapun bisa tertular serta menjadi spreader, ini harus diantisipasi sedini mungkin," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pegawai dan WBP yang Masuk Golongan Lansia untuk Ikut Tes Usap PCR

Ia menuturkan, sebanyak 35 pegawai yang dites merupakan yang selama ini berhubungan langsung dengan pelayanan seperti regu pengamanan, penitipan barang dan tenaga kesehatan.

"Pegawai yang tergolong lansia juga masuk daftar yang harus dites," ujar dia.

Sedangkan, kata dia, 165 WBP yang dites adalah yang tergolong lansia dan juga ada yang kontak erat dengan pasien sebelumnya.

"Senin kami ada tes usap lagi, rencananya 200 orang lagi akan dites," ujar dia. Sebelumnya di Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo telah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya untuk menanggulangi penyebaran virus corona di dalam lapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.