VIDEO: Warga Surabaya Bisa Tes Usap COVID-19 Gratis di Labkesda

VIDEO: Warga Surabaya Bisa Tes Usap COVID-19 Gratis di Labkesda

Upaya menekan penyebaran Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kota Surabaya. Selain gencar melakukan razia protokol kesehatan, Pemkot Surabaya siapkan Laboratorium Kesehatan Daerah atau Labkesda di kawasan Jalan Gayungan Surabaya untuk melakukan swab test atau tes usap COVID-19 gratis bagi warga Surabaya, yang buka selama 24 jam.

Tes usap juga disediakan bagi warga dari luar kota dengan biaya murah, hanya Rp 120 ribu. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa sore, meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah atau Labkesda milik Pemkot Surabaya di kawasan Jalan Gayungan Surabaya.

Labkesda yang dioperasikan selama 24 jam ini, menyediakan tes usap kepada warga yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Surabaya.

Labkesda ini maksimal mampu melakukan uji usap sebanyak 4.000 sampel. Namun, saat ini rata-rata uji sebanyak 1.000 sampai 2.000 swab. Khusus untuk warga Surabaya, swab test tidak dipungut biaya atau gratis, dengan menunjukkan KTP.

Sementara untuk warga luar Kota Surabaya, swab test dikenakan biaya yang sangat murah, yakni Rp 120 ribu per orang. Risma berharap, warga yang berprofesi seperti sopir dan biasa pulang pergi ke luar kota, bisa tes usap di Labkesda sebelum pulang ke rumah, dan bertemu keluarga. Demikian dilansir pada Fokus, 17 September 2020.

"Setiap hari selalu ada data untuk yang harus kita testing, tapi biasanya targetnya 100 yang datang 75, tapi pernah ada sampai 100 lebih, kita sampaikan kepada warga Surabaya yang driver, yang habis luar kota, nah saya mohon ke sini dulu tes," ungkap Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya.

Risma berharap, Labkesda ini dapat dimanfaatkan oleh warga Surabaya maupun warga luar kota yang datang ke Surabaya. Karena upaya ini sebagai langkah memutus rantai penularan Covid-19 di Surabaya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 September 2020, 13:43 WIB

Video Terkait

Spotlights